PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI PERSONAL HEALTH CARD ASSIGNMENTS UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS


Azka Malinda Sucma, 6101416002 (2020) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI PERSONAL HEALTH CARD ASSIGNMENTS UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI PERSONAL HEALTH CARD ASSIGNMENTS UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS] PDF (PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI PERSONAL HEALTH CARD ASSIGNMENTS UNTUK PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH ATAS) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kartu tugas kesehatan pribadi (Personal Health Card Assignments) merupakan pedoman yang dapat mengoptimalkan materi pembelajaran pendidikan kesehatan. Berdasarkan observasi dilapangan tersebut masalah dari penelitian ini adalah dalam penyampaian materi kesehatan hanya dilakukan sebanyak satu pertemuan sehingga materi hanya disampaikan sesuai bahan yang ada dibuku peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan produk pengembangan pembelajaran pendidikan kesehatan melalui Personal Health Card Assignments untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Develpoment) yang mengacuh pada pengembangan Brog & Gall. Prosedur pengembangan meliputi: 1) Analisis kebutuhan dengan melakukan kajian pustaka, observasi dan wawancara, 2) Membuat draf produk awal, 3) Validasi Ahli, 4) Revisi produk awal, 5) Uji coba lapangan, 6) Revisi produk akhir, 7) Hasil akhir berupa pengembangan pembelajaran pendidikan kesehatan Personal Health Card Assignments untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian ini diperoleh data evaluasi ahli kesehatan uji kecil sebesar 66,6% dan uji coba besar mendapatkan persentase sebesar 75% sehingga dapat diratarata persentase sebesar 71% dan termasuk dalam kategori “baik”. Sedangkan dalam uji coba lapangan mendapatkan hasil sebagai berikut: 1) Guru Penjasorkes SMA Negeri 1 Pegandon mendapatkan persentase sebesar 92,8%, 2) Guru Penjasorkes SMA Negeri 1 Kendal mendapatkan persentase sebesar 95%, 3) Guru Penjasorkes SMA Negeri 2 Kendal mendapatkan persentase sebesar 99%, sehingga dapat dirata-rata persentase sebesar 93,4% termasuk kategori “baik”. Kesimpulan penelitian ini adalah pengembangan kartu tugas kesehatan pribadi (personal health card assigments) dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan keseharan (PJOK) khususnya pada materi pendidikan kesehatan untuk peserta didik Sekolah Menengah Atas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, pendidikan kesehatan, Personal Health Card Assignments
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:27
Last Modified: 06 Sep 2021 01:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45522

Actions (login required)

View Item View Item