SURVEI MINAT DAN PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP DAN SMA SEDERAJAT SEKECAMATAN BOJONG TAHUN 2019


Muhammad Husni Abdillah, 6101415156 (2020) SURVEI MINAT DAN PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP DAN SMA SEDERAJAT SEKECAMATAN BOJONG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI MINAT DAN PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP DAN SMA SEDERAJAT SEKECAMATAN BOJONG TAHUN 2019] PDF (SURVEI MINAT DAN PENGELOLAAN EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SMP DAN SMA SEDERAJAT SEKECAMATAN BOJONG TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Minat merupakan suatu rasa lebih suka dan rasa ketertarikan pada sesuatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan sesuatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Pengelolaan ekstrakurikuler olahraga dalam bidang bola voli adalah salah satu cara untuk meraih prestasi. Jadi tidak hanya kurikuler saja yang perlu dikelola, tetapi juga ekstrakurikulernya pun harus tidak luput dari pengelolaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan minat siswa dan pengelolaan ekstrakurikuler bola voli SMP dan SMA Se-Kecamatan Bojong Metode Penelitian: Penelitian kualitatif dengan metode deskriptif yang dilaksanakan di SMP dan SMA sederajat Se-Kecamatan Bojong dengan jumlah responden sebanyak 120 responden. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa yang mengikuti ekstrakurikuler bola voli. Data yang dikumpulkan meliputi data minat siswa, pengelolaan ekstrakurikuler dan kendala kegiatan ekstrakurikuler. Semua data diperoleh dengan cara obsevasi, wawancara serta dokumentasi. Analisis data menggunakan model Mile dan huberman (reduksi data, penyajian data, conclusion drawing). Dari hasil wawancara kepada responden terkait dengan minat siswa dan pengelolaan esktrakurikuler bola voli di masing-masing sekolah, terdapat sekola yang sudah menjalankan pengelolaan esktrakurikuler dengan baik ada pula sekolah yang masih belum meneraprkan pengelolaan dibidang olahraga khususnya esktrakurikuler bola voli . Dari semua sekolah yang minat siswa mengikuti esktrakurikuler sangat baik dilihat dari antusiasnya siswa mengikuti esktrakurikuler bola voli di sekolah. Dapat disimpulkan bahwa pengelolaan terhadap ekstrakurikuler bola voli di SMP dan SMA sederajat sudah cukup baik, dilihat dari segi kepemilikan fasilitasfasilitas yg mendukung adanya ekstrakurikuler bola voli serta struktur organisasi khusus yang terbentuk sesuai dengan peran masing-masing walaupun ada beberapa sekolahan yang masih belum memiliki struktur organisasi khusus ekstrakurikuler.Untuk minat siswa terhadap ekstrakurikuler bola voli cukup baik dapat dibuktikan dengan keikutsertaan mereka terhadap ekstrakurikuler bola voli yang masuk tanpa paksaan melainkan dengan keinginan diri mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat siswa, Pengelolaan ekstrakurikuler, Bola voli
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Sep 2021 01:10
Last Modified: 06 Sep 2021 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45516

Actions (login required)

View Item View Item