IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI DI INSTITUTE OF TECHNICAL EDUCATION COLLEGE EAST, SINGAPORE TAHUN 2018


MATINU RAMADHAN, 6101415133 (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI DI INSTITUTE OF TECHNICAL EDUCATION COLLEGE EAST, SINGAPORE TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI DI INSTITUTE OF TECHNICAL EDUCATION COLLEGE EAST, SINGAPORE TAHUN 2018] PDF (IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN JASMANI DI INSTITUTE OF TECHNICAL EDUCATION COLLEGE EAST, SINGAPORE TAHUN 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Keberhasilan pelaksanaan pendidikan jasmani dapat diketahui dengan mengukur ketercapaian dalam implementasi kurikulum yang dipakai oleh lembaga pendidikan. ITE College East Singapura merupakan lembaga pendidikan pasca sekolah menengah yang menekankan kepada siswa tentang pendidikan karir, teknis dan keterampilan serta memberikan sertifikasi dan standar keterampilan kerja nasional. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan dan menganalisis implementasi kurikulum pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di ITE College East Singapura. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bantuan model CIPP. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek context, ITE College East merupakan lembaga pendidikan resmi pre-university dibawah naungan Ministry of Education Singapura. Aspek input terdiri dari peserta didik memiliki bakat dan minat dalam keterampilan praktik, kurikulum menekankan pada aspek kognitif, keterampilan motorik, dan pembentukan nilai-nilai kepribadian atau karakter siswa, guru memiliki kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan, sarana dan prasaran yang memadai dan memenuhi standar. Aspek process yaitu kegiatan pembelajaran sesuai lesson plan dengan pendekatan game concept approach, penggunaan media dimanfaatkan sebagai penunjang kegiatan pembelajaran,dan guru melakukan tugas administrasi guru. Aspek product, hasil belajar peserta didik menunjukkan telah melebihi Grading System and Grade Point Average, prestasi peserta didik yang telah diraih berkaitan dengan prestasi akademik dan kejuaraan Co Currucular Activity, dan lulusan ITE College East ada langsung bekerja dan melanjutkan ke politeknik. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di ITE College East telah berjalan dengan baik sebagaimana digambarkan pada aspek context, input, process dan product.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kurikulum Pendidikan Jasmani
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 06 Sep 2021 00:53
Last Modified: 06 Sep 2021 00:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45514

Actions (login required)

View Item View Item