PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER DAN PEGAS PULLY SEKUNDER PADA CVT ( COUNTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ) TERHADAP DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA BEAT PGM-FI TAHUN 2013


Khoerul Nofa Candra Permana, 5202416017 (2021) PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER DAN PEGAS PULLY SEKUNDER PADA CVT ( COUNTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ) TERHADAP DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA BEAT PGM-FI TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER DAN PEGAS PULLY SEKUNDER PADA CVT ( COUNTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ) TERHADAP DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA BEAT PGM-FI TAHUN 2013] PDF (PENGARUH PENGGUNAAN VARIASI BERAT ROLLER DAN PEGAS PULLY SEKUNDER PADA CVT ( COUNTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ) TERHADAP DAYA, TORSI, DAN KONSUMSI BAHAN BAKAR HONDA BEAT PGM-FI TAHUN 2013) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller dan Pegas Pully Sekunder pada CVT (Countinuously Variable Transmission) terhadap Daya dan Torsi, dan Konsumsi Bahan Bakar Honda Beat PGM-FI 2013, mengetahui Pengaruh Penggunaan Variasi Berat Roller dan Pegas Pully Sekunder pada CVT (Countinuously Variable Transmission) terhadap Konsumsi Bahan Bakar Honda Beat PGM-FI 2013 Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experimental dengan bentuk one-shot case study. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu veriasi berat roller 11 gram, 13 gram (standar), 15 gram dan konstanta pegas sliding sheave 2.45 N/mm, 2.94 N/mm (standar), 3.43 N/mm. Pengujian torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar, dilakukan sebanyak dua kali setiap variasi roller dan pegas sliding sheave. Data penelitian diambil pada putaran 3000 rpm, 5000 rpm, dam 7000 rpm. Setelah dilakukan penelitian terhadap daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian menggunakan berat roller 11 gram, 13 gram (standar), 15 gram dan konstanta pegas sliding sheave 2.45 N/mm, 2.94 N/mm (standar), 3.43 N/mm berpengaruh terhadap peforma mesin. Torsi tetinggi dicapai oleh berat roller 11 gram dan pegas dengan nilai konstanta 3.43 N/mm pada putaran mesin 3000 rpm sebasar 19.29 N.m. Daya tertinggi dicapai oleh berat roller 11 gram dan pegas dengan nilai konstanta 2.45 N/mm pada putaran mesin 5000 rpm sebesar 8.55 HP. Konsumsi bahan bakar yang paling ekonomis dari putaran rendah sampai putaran tinggi dengan penggunakan variasi berat roller 11 gram dan pegas 2.45 N/mm memiliki konsumsi bahan bakar spesifik sebesar 0.095 kg/HP.jam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CVT, roller, pegas sliding sheave, torsi, daya, konsumsi bahan bakar Spesifik
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 00:38
Last Modified: 06 Sep 2021 00:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45513

Actions (login required)

View Item View Item