PENGARUH STROKE UP TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI PADA YAMAHA JUPITER Z DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN BAKAR


Rifki Eki Afriyanto, 5202415027 (2020) PENGARUH STROKE UP TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI PADA YAMAHA JUPITER Z DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN BAKAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH STROKE UP TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI PADA YAMAHA JUPITER Z DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN BAKAR] PDF (PENGARUH STROKE UP TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI PADA YAMAHA JUPITER Z DENGAN MENGGUNAKAN VARIASI BAHAN BAKAR) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Perubahan panjang langkah torak yang bisa dilakukan dengan melakukan Stroke Up merupakan salah satu cara untuk memperbesar kapasitas mesin suatu kendaraan sehingga dapat menghasilkan performa mesin yang semakin besar, penggunaan bahan bakar dengan angka oktan yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan kompresi mesin juga dapat memberikan pengaruh terhadap torsi, daya dan emisi gas buang (CO dan HC) yang dihasilkan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari perubahan panjang langkah torak (stroke) terhadap daya pada yamaha Jupiter Z dengan menggunakan variasi bahan bakar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan bentuk desain penelitian yang dipilih peneliti (mahasiswa) dari desain eksperimen true experimental design yaitu pottest-only control design dan menggunakan metode analisis data statistik deskriptif dari hasil data pengujian torsi, daya, dan emisi gas buang (CO dan HC). Penelitian menggunakan panjang langkah standar 57,9 mm dan panjang langkah modifikasi 63,9 mm dengan variasi bahan bakar premium, pertalite, pertamax, dan pertamax plus. Hasil penelitian menunjukkan terdapat adanya pengaruh dari perpanjangan panjang langkah torak (stroke) terhadap torsi, daya dan emisi gas buang (CO dan HC). Hasil penelitian dengan menggunakan panjang langkah modifikasi 63,9 mm dan bahan bakar pertamax merupakan hasil yang baik terhadap torsi, daya, dan emisi gas buang. Masing-masing hasil torsi dan daya tersebut bernilai 9,61 N.m, 6,81 kW serta masing-masing hasil emisi gas buang (CO dan HC) bernilai 0,48% dan 151 Ppm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Stroke up,bahan bakar, performa mesin.emisi gas buang
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 06 Sep 2021 00:20
Last Modified: 06 Sep 2021 00:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45507

Actions (login required)

View Item View Item