PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI KREATIF SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES


Ros Setiawati, 1401416015 (2020) PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI KREATIF SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI KREATIF SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES] PDF (PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI EKSTRAKURIKULER SENI KREATIF SEBAGAI UPAYA PEMBENTUKAN KARAKTER DI SDIT HARAPAN UMAT BREBES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kreativitas dan karakter di tengah perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang terus bergerak secara dinamis. Keduanya memiliki peran yang penting bagi perkembangan kehidupan individu. Oleh sebab itu, keduanya perlu dilatih, dipupuk, dan dikembangkan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh individu. SDIT Harapan Umat Brebes adalah sekolah yang memfasilitasi pengembangan kreativitas peserta didik, yaitu dengan menyelenggarakan ekstrakurikuler seni kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengembangan kreativitas peserta didik melalui ekstrakurikuler seni kreatif sebagai upaya pembentukan karakter di SDIT Harapan Umat Brebes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan. Keabsahan data dengan melakukan uji credibility, uji transferability, uji depenability, dan uji confirmability. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ekstrakurikuler seni kreatif sudah dijalankan sesuai dengan prinsip-prinsip ekstrakurikuler sehingga dapat memberikan pengalaman berkreasi yang dapat mengembangkan potensi peserta didik khususnya mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, sikapnya dalam berkarya juga kemampuan motorik halusnya, sama hal nya dengan pemenuhan ke tiga ranah tujuan pembelajaran yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor; (2) Ekstrakurikuler ini memiliki fungsi pengembangan, fungsi rekreatif, dan fungsi sosial; (3) Pribadi kreatif peserta ekstrakurikuler, secara umum sudah ditampakkan yaitu rasa ingin tahu yang tinggi, pantang menyerah, tekun, ulet, dan percaya diri; (4) Pendorong kreatif terbagi menjadi dua yaitu motivasi internal peserta didik dan lingkungan; (5) Proses kreatif terdiri dari tiga tahap yaitu, persiapan, pelaksanaan, dan penyelesaian (finishing); (6) Produk kreatif yang dihasilkan oleh peserta ekstrakurikuler bersifat orisinal dan bernilai guna; (7) Karakter yang dilatih pada ekstrakurikuler ini yaitu, kesabaran, keuletan, pantang menyerah, tekun, tidak mudah putus asa, tanggung jawab, disiplin, rasa ingin tahu, berpikir kritis, berpikir kreatif, inovatif. Saran bagi guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pengembangan kreativitas peserta didik. Bagi sekolah untuk dapat mengevaluasi dan membuat kebijakan yang mendukung kegiatan pengembangan kreativitas. Bagi peneliti selanjutnya dapat menyempurnakan penelitian yang telah ada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Seni, Pembentukan Karakter, Pengembangan Kreativitas.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:50
Last Modified: 03 Sep 2021 04:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45506

Actions (login required)

View Item View Item