EVALUASI MANAJEMEN PERWASITAN SEPAKBOLA DI KABUPATEN REMBANG TAHUN 2019


Mohammad Nur Shobirin, 6101415085 (2020) EVALUASI MANAJEMEN PERWASITAN SEPAKBOLA DI KABUPATEN REMBANG TAHUN 2019. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI MANAJEMEN PERWASITAN SEPAKBOLA DI KABUPATEN REMBANG TAHUN 2019] PDF (EVALUASI MANAJEMEN PERWASITAN SEPAKBOLA DI KABUPATEN REMBANG TAHUN 2019) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian mengacu pada hasil observasi terhadap evaluasi menejemen yang dilakukan oleh Komisi perwasitan Sepakbola di Kabupaten Rembang tahun 2019. Batasan masalah pada penelitian ini adalah pada perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan yang dilakukan laksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pengelolaan manajemen komisi perwasitan di Kabupaten Rembang tahun 2019, karena manajemen perwasitan sangat berpengaruh dalam kepemimpinan seorang wasit saat memimpin sebuah pertandingan, dilihat dari segi kondisi fisik, psikologi, keuangan, dan kerjasama saat bertugas. Jenis penelitian ini adalah survei dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pendekatan pelitian manajemen perwasitan ASKAB Kabupaten Rembang adalah penelitian deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua Askab PSSI, Ketua Komwas, dan Anggota dari Komisi perwasitan yang terdiri dari wasit berlisensi C-I, C-II, maupun C-III. Dengan objek penelitian menejemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Teknik analisis data menggunakan triangulasi. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang sudah diperoleh dapat diketahui bahwa perencanaan sudah bagus dan sesuai dengan tujuan komisi perwasitan, pengorganisasian secara struktural bisa dikatakan kurang lengkap, meski begitu dilakukan pembagian tugas dengan penunjukan oleh ketua sesuai kinerja masingmasing anggota, pengarahan sudah sesuai apa yang diperintahkan oleh ketua, pengawasan dilakukan oleh ketua dan seluruh anggota dengan mengevaluasi, memberikan saran setiap kinerja anggota sesudah memimpin pertandingan Berdasarkan data yang diperoleh, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen yang dilakukan di Komisi Perwasitan Sepakbola di Kabupaten rembang berjalan dengan baik meski terdapat kekurangan seperti tidak adanya perencanaan yang tertulus dan lengkap, kurangnya pemanfaatan sumberdaya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, Manajemen, Perwasitan, Sepakbola
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:35
Last Modified: 03 Sep 2021 04:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45503

Actions (login required)

View Item View Item