PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI se-DABIN II KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL


Rizky Amaylya, 1401416073 (2020) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI se-DABIN II KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI se-DABIN II KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL] PDF (PENGARUH KESIAPAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD NEGERI se-DABIN II KECAMATAN TEGAL SELATAN KOTA TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Hasil belajar merupakan hasil dari perubahan yang terjadi dalam diri siswa selama melakukan kegiatan belajar di sekolah. Terdapat dua faktor yang memengaruhinya yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor yang berasal dari dalam diri siswa, salah satunya kesiapan belajar dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal berjumlah 333 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jenis jenis simple random sampling dengan taraf kesalahan 5%. Sampel penelitian berjumlah 182 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian meliputi wawancara, angket atau kuesioner, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara tidak terstruktur, angket, dan ceklist dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis statistik deskriptif, uji prasyarat analisis, dan analisis akhir (uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung > ttabel (4,342 > 1,973) dan sumbangan kesiapan belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 9,5%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai thitung > ttabel (6,306 > 1,973) dan sumbangan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 18,1%; dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika dengan nilai Fhitung > Ftabel (28,504 > 3,046) dan sumbangan kesiapan belajar dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika sebesar 24,2%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa kesiapan belajar dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri se-Dabin II Kecamatan Tegal Selatan Kota Tegal. Disarankan kepada pihak sekolah hendaknya dapat mengambil kebijakan dalam menentukkan pembelajaran matematika dan guru hendaknya dapat menentukan strategi pembelajaran yang tepat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika; Kesiapan Belajar; Motivasi Belajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:28
Last Modified: 03 Sep 2021 04:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45500

Actions (login required)

View Item View Item