PENGELOLAAN BISNIS SANGGAR SENAM AEROBIK DI KABUPATEN REMBANG


Dahlia Rahma Oktaviani, 6101415017 (2020) PENGELOLAAN BISNIS SANGGAR SENAM AEROBIK DI KABUPATEN REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGELOLAAN BISNIS SANGGAR SENAM AEROBIK DI KABUPATEN REMBANG] PDF (PENGELOLAAN BISNIS SANGGAR SENAM AEROBIK DI KABUPATEN REMBANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah dari banyaknya cabang olahraga, ada salah satu olahraga yang sedang popular dan banyak diminati oleh semua kalangan dewasa ini yaitu senam aerobik. Sehingga ada beberapa dari masyarakat di Kabupaten Rembang mendirikan usaha sanggar senam karena dapat menjadikan bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan bagi pemiliknya. Tapi, lebih dari satu sanggar senam di Kabupaten Rembang yang kurang begitu tahu bagaimana cara mengelola sanggar agar menjadi berkembang bisnis sanggarnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana sumber daya manusia, sarana dan prasarana, keuangan, operasional dan pemasaran sanggar senam aerobik di Kabupaten Rembang ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bagaimana pengelolaan bisnis sanggar senam aerobik di Kabupaten Rembang. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan 3 tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Lokasi penelitian adalah 3 sanggar senam aerobik yang ada di Kabupaten Rembang yaitu Sanggar senam Bugar Ceria, Sanggar senam Diadanaku dan Sanggar senam Chacha. Sasaran dalam penelitian ini adalah pemilik atau pengelola, instruktur dan member. Hasil penelitian tentang Pengelolaan bisnis sanggar senam aerobik di Kabupaten Rembang adalah berdasarkan aspek pengelolaan bisnis sebagai berikut yaitu meliputi sumber daya manusia sudah berjalan dengan baik tetapi masih perlu ditambah lagi jumlah pengurusnya untuk kelancaran pengelolaan sanggar. Sarana prasarana dari ketiga sanggar senam yang telah diteliti hanya satu sanggar senam yang hampir bisa dikatakan baik menurut kebutuhan dan penggunaan fasilitias. Keuangan dari ketiga sanggar senam hanya satu sanggar yang dalam mengelola keuangan dan pembukuannya sudah terinci. Operasional yang telah dilakukan ketiga sanggar ini sudah baik dengan meminimalisir sesuai kebutuhan jadwal member. Pemasaran dari ketiga sanggar senam tersebut berbeda dua dari ketiga sanggar tersebut melakukan kegiatan demonstrasi senam dengan sangat kreatif, sedangkan satu dari dua sanggar senam yang lainnya belum terlalu paham tentang bagaimana cara untuk mempromosikan sanggar senam yang dikelola. Simpulan dari ketiga sanggar agar lebih memahami bagaimana cara mengelola sanggar dengan baik dan bisa mencermati kategori aspek yang sudah tersedia. Saran untuk sanggar yang belum menerapkan aspek dalam pengelolaan ix sanggar agar lebih mempelajari kembali aspek yang dibutuhkan untuk mengelola sebuah sanggar senam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan, Bisnis, Sanggar Senam
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:23
Last Modified: 03 Sep 2021 04:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45499

Actions (login required)

View Item View Item