PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV/AIDS PADA WANITA PEKERJA SEKS (WPS) USIA REMAJA (Studi Kasus di Lokalisasi Penundan Kabupaten Batang)


Lu’luk Ni’matutstsania, 6411416008 (2020) PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV/AIDS PADA WANITA PEKERJA SEKS (WPS) USIA REMAJA (Studi Kasus di Lokalisasi Penundan Kabupaten Batang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV/AIDS PADA WANITA PEKERJA SEKS (WPS) USIA REMAJA (Studi Kasus di Lokalisasi Penundan Kabupaten Batang)] PDF (PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN HIV/AIDS PADA WANITA PEKERJA SEKS (WPS) USIA REMAJA (Studi Kasus di Lokalisasi Penundan Kabupaten Batang)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Lu’luk Ni’matutstsania Perilaku Pencegahan Penularan HIV/AIDS pada Wanita Pekerja Seks (WPS) Usia Remaja (Studi Kasus di Lokalisasi Penundan Kabupaten Batang xvi+ 160 halaman + 11 tabel + 4 gambar + 11 lampiran Jumlah kasus AIDS di Kabupaten Batang tahun 2017 sebanyak 34 kasus, meningkat bila dibandingkan dengan tahun 2016 sebanyak 32 kasus. Wanita Pekerja Seks (WPS) merupakan kasus tertinggi berdasarkan jenis pekerjaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui gambaran perilaku pencegahan WPS usia remaja terhadap penularan penyakit HIV/AIDS. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Informan penelitian ini adalah wanita pekerja seks usia remaja dengan jumlah 6 informan. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan dan sikap mengenai HIV/AIDS cukup baik, tetapi praktiknya masih buruk. Semua informan merasa pekerjaan mereka berisiko tinggi namun ada kepercayaan jika meminum jamu dapat mencegah IMS dan HIV/AIDS. Hambatan yang dirasakan yaitu tidak adanya stok kondom gratis, sulit melakukan negosiasi kondom, pengaruh alkohol, dan adanya biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan skrining IMS dan tes VCT. Saran untuk LSM dan layanan kesehatan yaitu memperluas intervensi tentang bahaya serta upaya pencegahan penularan HIV/AIDS kepada WPS.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: HIV/AIDS, Wanita Pekerja Seks, Remaja
Subjects: O Sport > Ilmu Kesehatan Masyarakat
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:13
Last Modified: 03 Sep 2021 04:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45496

Actions (login required)

View Item View Item