HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN KESEPIAN PADA MAHASISWA PERANTAU


Riska Hardiani, 1511416044 (2020) HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN KESEPIAN PADA MAHASISWA PERANTAU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN KESEPIAN PADA MAHASISWA PERANTAU] PDF (HUBUNGAN ANTARA RESILIENSI DENGAN KESEPIAN PADA MAHASISWA PERANTAU) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Persebaran perguruan tinggi di Indonesia yang belum merata berdampak pada banyaknya mahasiswa yang merantau untuk menempuh pendidikan tinggi dan meninggalkan kampung halamannya. Hal ini membuat mahasiswa berpotensi mengalami kesepian karena kondisi yang mengharuskan mereka tinggal jauh dari keluarga. Kesepian yang dialami oleh mahasiswa jika tidak segera diatasi dapat berdampak serius terhadap kehidupannya dimasa yang akan datang. Oleh karena itu, mahasiswa perantau yang merasakan kesepian memerlukan kekuatan dan ketahanan yang baik untuk menghadapi dan mengatasi rasa kesepian yang dialaminya. Kekuatan untuk menghadapi dan mengubah kondisi kehidupan yang sulit menjadi suatu hal yang wajar untuk diatasi, dinamakan dengan resiliensi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik konvenien sampling. Instrumen penelitian menggunakan skala psikologi yaitu skala resiliensi dengan validitas 0,193-0,680 dan reliabilitas 0,858 serta skala kesepian dengan validitas 0,119-0,547 dan reliabilitas 0,730. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa aktif S1 Universitas Negeri Semarang angkatan 2016-2019 yang merupakan mahasiswa perantau dan berasal dari daerah diluar Kota Semarang maupun Kabupaten Semarang. Sebanyak 355 subjek berpartisipasi dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, terdapat hubungan negatif yang signifikan antara resiliensi dengan kesepian pada mahasiswa yang merantau. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis data yang dilakukan menggunakan teknik korelasi Rank Spearman, didapati hasil koefisien korelasi sebesar -0,558 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 sehingga p<0,01. Hasil penelitian menunjukkan arah hubungan yang negatif, hal ini berarti bahwa semakin tinggi resiliensi maka semakin rendah kesepian pada mahasiswa yang merantau begitupun sebaliknya. Sementara itu, berdasarkan analisis deskriptif yang dilakukan rata-rata mahasiswa memiliki tingkat kesepian dan resiliensi berkategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: resiliensi, kesepian, mahasiswa perantau
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 03 Sep 2021 04:11
Last Modified: 03 Sep 2021 04:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45494

Actions (login required)

View Item View Item