PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INTERNET, PROMOSI PENJUALAN, DAN EMOSI POSITIF TERHADAP IMPULSIVE BUYING DI MARKETPLACE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG
Kinanti Sekar Tirtaning, 7101416224 (2020) PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INTERNET, PROMOSI PENJUALAN, DAN EMOSI POSITIF TERHADAP IMPULSIVE BUYING DI MARKETPLACE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF (PENGARUH INTENSITAS MENGAKSES INTERNET, PROMOSI PENJUALAN, DAN EMOSI POSITIF TERHADAP IMPULSIVE BUYING DI MARKETPLACE PADA MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG)
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Impulsive buying di marketplace adalah perilaku pembelian yang dilakukan tidak terencana ketika mengkases marketplace, biasanya terjadi pada barang-barang yang tidak dibutuhkan. Perilaku ini sering terjadi dikalangan mahasiswa yang sangat akrab dengan internet, dan sering mengakses aplikasi belanja online atau marketplace. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh intensitas mengkases internet, promosi penjualan, dan emosi positif terhadap impulsive buying di marketplace pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Semarang Angkatan 2016- 2019. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 385 responden yang dihitung menggunakan rumus lemeshow populasi tak terbatas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Metode pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengumpulkan data. Analisis data yang digunakan adalah dengan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pada(1) intensitas mengakses internet terhadap impulsive buying, memberikan pengaruh parsial sebesar 4,93% dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. (2) Promosi penjualan terhadap impulsive buying, memberikan pengaruh parsial sebesar 7,40% dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05. (3) Emosi positif terhadap impulsive buying memberikan kontribusi parsial sebesar 2,31% dengan nilai signifikansi 0,003 < 0,05. (4) terdapat pengaruh intensitas mengakses internet, promosi penjualan, dan emosi positif terhadap impulsive buying, dengan memberikan pengaruh simultan sebesar 37,2%. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa intensitas mengakses internet, promosi penjualan, dan emosi positif berpengaruh terhadap impulsive buying di marketplace pada mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Saran penelitian ini adalah diharapkan mahasiswa memanfaatkan waktu lebih baik agar tidak terbuang sia-sia hanya untuk mengakses marketplace, melakukan perencanaan belanja, mengutamakan kebutuhan daripada keinginan, tidak mengutamakan emosi positif seperti kesenangan dan kegairahan saat berbelanja, untuk penelitian selanjutnya diharapkan menambah variabel lain diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | : Intensitas Mengakses Online, Promosi Penjualan, Emosi Positif, Impulsive Buying, Marketplace |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Fakultas: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1 |
Depositing User: | khrisna pci perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Sep 2021 03:18 |
Last Modified: | 03 Sep 2021 03:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45488 |
Actions (login required)
View Item |