PELESTARIAN MUSIK KERONCONG OLEH ORKES KERONCONG WASESO DI BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL


Bagus Adhie Saputra, 2501414100 (2020) PELESTARIAN MUSIK KERONCONG OLEH ORKES KERONCONG WASESO DI BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELESTARIAN MUSIK KERONCONG OLEH ORKES KERONCONG WASESO DI  BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL] PDF (PELESTARIAN MUSIK KERONCONG OLEH ORKES KERONCONG WASESO DI BUMIJAWA KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pada perkembangannya musik keroncong mengalami kemunduran. Musik keroncong mulai ditinggalkan karena berkurangnya minat masyarakat terhadap musik keroncong. Perlu adanya pelestarian musik keroncong agar tidak punah. O.K Waseso hadir sebagai pelestari musik keroncong. O.K Waseso adalah wadah berkesenian bagi para personil dan harapan agar kelompok musik keroncong ini dapat dikenal luas oleh penikmat musik keroncong dan mampu melestarikan musik keroncong di era modern. Masalah yang dikaji adalah bagaimana pelestarian musik keroncong oleh O.K Waseso di Bumijawa Kabupaten Tegal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan upaya pelestarian musik keroncong pada grup musik Waseso. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis interaktif. Sedangkan keabsahan datanya diuji menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh gruup Waseso adalah turut andil dalam pelestarian musik keroncong melalui berbagai penampilan yang melibatkan Waseso. Waseso mendokumentasikan secara cermat penampilannya dalam bentuk audio visual yang dibagikan melalui media sosial. Saran yang dapat penulis berikan adalah bagi personel orkes keroncong Waseso diharapkan untuk tetap solid, sehingga Waseso dapat terus berkarya di ranah musik keroncong. Serta meningkatkan kreativitas dalam bermusik dengan giat berlatih dan menambah wawasan tentang musik keroncong. Bagi orkes keroncong Waseso diharapkan terus semangat dalam melestarikan dan mempopulerkan musik keroncong. Waseso diharapkan bisa selalu hadir dalam berbagai pementasan di Kabupaten Tegal agar musik keroncong tetap lestari.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelestarian, Keroncong, Keroncong Waseso
Subjects: N Fine Arts > NN Music
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 03 Sep 2021 03:17
Last Modified: 03 Sep 2021 03:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45482

Actions (login required)

View Item View Item