KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19


Heni Marina, 4401416032 (2021) KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19] PDF (KEEFEKTIFAN FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN SELF EFFICACY SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan model yang tepat dalam pembelajaran sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran. Pemahaman konsep merupakan salah satu indikator hasil belajar yang dicapai oleh siswa dalam pembelajaran. Self efficacy adalah kepercayaan diri seseorang terhadap kemampuannya dalam menyelesaikan tugas sesuai yang diharapkan. Self efficacy menjadi kunci dari setiap tindakan yang penting dimiliki oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis keefektifan flipped classroom di masa pandemi covid-19 untuk meningkatkan pemahaman konsep dan self efficacy siswa khususnya pada materi sistem sirkulasi. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan menggunakan non-equivalent control group design. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI Mipa SMA N 4 Pekalongan tahun ajaran 2020/2021. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kelas yang dipilih yaitu kelas XI MIPA 3 dan 4. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol ditentukan secara random sampling dengan cara diundi. Diketahui bahwa kedua kelas adalah homogen, maka ditentukan kelas eksperimen adalah XI MIPA 3 dan kelas kontrol adalah XI MIPA 4. Pada kelas eksperimen menerapkan pembelajaran flipped classroom sedangkan kelas kontrol menerapkan pembelajaran non-flipped classroom dengan metode video conference dan pemberian tugas. Pengumpulan data ada dua teknik yaitu tes dengan soal pilihan ganda beralasan (tipe three tier) dan non-tes menggunakan instrumen skala self efficacy. Analisis data hasil tes menggunakan uji Mann Whitney, sedangkan data hasil non-tes menggunakan uji paired sample t-test Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman konsep siswa meningkat setelah penerapan flipped classroom dalam pembelajaran. Dari 13% siswa paham konsep menjadi 55% siswa paham konsep. Hasil N gain kelas eksperimen kategori sedang 31,43% dan tinggi 62,86% sedangkan kelas kontrol kategori sedang 29,40% dan tinggi 35,30%. Ketuntasan klasikal belajar kelas eksperimen sebesar 85%. Hasil uji Mann Whitney menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,038 < 0,05 sehingga diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol. Self efficacy siswa sebelum perlakuan kategori cukup tinggi hingga tinggi sebesar 42,86%. Setelah perlakuan menggunakan flipped classroom menjadi 71,43%. Hasil uji paired sample t-test menunjukkan nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga diketahui bahwa ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata hasil pretest dan posttest. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa flipped classroom efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep dan self efficacy siswa pada materi sistem sirkulasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flipped classroom, pemahaman konsep, self efficacy
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:41
Last Modified: 03 Sep 2021 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45481

Actions (login required)

View Item View Item