PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERBASIS FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA


Diah Sapitri, 4401416022 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERBASIS FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERBASIS FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA] PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SISTEM REPRODUKSI MANUSIA BERBASIS FLIPPED CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Literasi sains merupakan suatu kemampuan untuk terlibat isu-isu dan ide-ide yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan sebagai warga negara yang reflektif. Kemampuan literasi sains sangat dibutuhkan karena dapat membantu siswa dalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan pengetahuan dan teknologi di abad 21. Kemampuan literasi sains siswa di Indonesia masih rendah. Hal ini dibuktikan dengan studi yang dilakukan oleh PISA setiap 3 tahun sekali. Perlu adanya pembaharuan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Merebaknya pandemi COVID-19 di Indonesia menyebabkan pembelajaran harus dilakukan dengan jarak jauh. Oleh karena itu dibutuhkan perangkat pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan literasi sains, khususnya di masa pandemi COVID-19. Penelitian ini dirancang dengan desain Research and Development yang dibatasi hingga skala kecil dan dilaksanakan di SMA N 1 Karangrayung pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability jenis purposive sampling berdasarkan pertimbangan guru biologi kelas XII. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan, meliputi silabus, RPP, LKS, dan alat evaluasi layak digunakan dalam pembelajaran. Silabus mendapatkan persentase kelayakan sebesar 82,35% dan RPP mendapatkan persentase kelayakan sebesar 83,65% dari ahli pembelajaran. LKS yang dikembangkan mendapatkan persentase kelayakan sebesar 91,66% dari ahli materi, dan mendapatkan 95,83% dari ahli media. Sedangkan alat evaluasi mendapatkan persentase kelayakan sebesar 94,98% dari ahli evaluasi. Hasil uji coba skala kecil menunjukkan tanggapan yang sangat baik dari guru terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan, dengan rata-rata persentase 99,26% untuk silabus, RPP sebesar 99,03% dan LKS sebesar 99,26%. LKS yang dikembangkan mendapatkan tanggapan yang sangat baik dari siswa dengan persentase sebesar 90,77% dan dihasilkan 20 butir soal yang layak sebagai alat evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan perangkat pembelajaran berbasis flipped classroom untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, flipped classroom, literasi sains, sistem reproduksi manusia.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:38
Last Modified: 03 Sep 2021 02:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45479

Actions (login required)

View Item View Item