KEKAYAAN JENIS IKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN KABUPATEN REMBANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA


Astuti Purwaningsih, 4401416006 (2020) KEKAYAAN JENIS IKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN KABUPATEN REMBANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEKAYAAN JENIS IKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN KABUPATEN REMBANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA] PDF (KEKAYAAN JENIS IKAN DI TEMPAT PELELANGAN IKAN KABUPATEN REMBANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI SMA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Rembang terkenal dengan hasil laut sebagai salah satu komoditas utamanya. Hal ini tidak lepas dari adanya sejumlah Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di beberapa kecamatan yang berada di pesisir pantai utara Rembang, yang menyumbang hasil lautnya untuk mendukung perekonomian Kabupaten Rembang. TPI merupakan sebuah pasar yang menjadi tempat pendaratan ikan yang diperoleh nelayan serta menjadi tempat penjualan ikan dan hasil laut lainnya. Jenis-jenis ikan di TPI Kabupaten Rembang berpotensi untuk dijadikan sebagai sumber belajar dalam bentuk ensiklopedia, dan berfungsi sebagai suplemen pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) modifikasi Borg & Gall (2003). Penelitian jenis-jenis ikan di TPI Kabupaten Rembang dilakukan di dua TPI, yaitu TPI Karang Anyar dan TPI Sarang. Penelitian ini menggunakan metode survei atau sensus, artinya mengumpulkan dan mencatat seluruh jenis ikan yang ditemukan di TPI. Validasi tingkat kelayakan ensiklopedia mengacu pada standar kelayakan bahan ajar menurut BSNP 2014 yang telah dimodifikasi, meliputi empat komponen kelayakan, yaitu isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikan. Validasi kelayakan ensiklopedia oleh peserta didik menggunakan uji rumpang untuk mengukur keterbacaan dan angket tanggapan peserta didik terhadap ensiklopedia. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 51 jenis ikan, 2 jenis dari kelas Chondrichthyes dan 49 jenis dari kelas Osteichthyes. Persentase kelayakan ensiklopedia oleh ahli dan guru biologi mencapai 90,23% dengan kriteria sangat layak. Persentase keterbacaan ensiklopedia melalui uji rumpang mencapai 98,22% dengan kriteria tinggi. Persentase tanggapan peserta didik terhadap ensiklopedia melalui angket mencapai 88,9%. Keterbacaan yang tinggi dan kriteria sangat layak yang diperoleh menunjukkan bahwa ensiklopedia yang dikembangkan layak digunakan sebagai sumber belajar biologi SMA.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: jenis-jenis ikan, TPI Kabupaten Rembang, ensiklopedia, sumber belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:34
Last Modified: 03 Sep 2021 02:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45478

Actions (login required)

View Item View Item