PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMA NEGERI 3 SEMARANG


Eva Restiatin, 2302416040 (2020) PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMA NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMA NEGERI 3  SEMARANG] PDF (PENGARUH KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BAHASA JEPANG TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA JEPANG SISWA SMA NEGERI 3 SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Terdapat perbedaan yang cukup signifikan pada nilai ulangan harian maupun nilaisemester peserta didik pada mata pelajaran bahasa Jepang. Selain itu, beberapa peserta didik memperoleh nilai yang tinggi namun ada juga yang memperoleh nilai cukup rendah, perbedaan yang cukup signifikan tersebut berpengaruh pada nilai rata-rata kelas pada mata pelajaran bahasa Jepang. Walaupun pembelajaran di kelas sudah baik tetapi masih adanya perbedaan nilai yang cukup signifikan dalam satu kelas. Perbedaan ini kemungkinan karena adanya kegiatan ekstrakulikuler bahasa Jepang walaupun tidak wajib tetapi diduga mampu mempengaruhi hasil belajar bahasa Jepang peserta didik.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adanya pengaruh kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang terhadap hasil belajar bahasa Jepang siswa SMA Negeri 3 Semarang.Metode yang digunakan adalahpendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X dan XI yang mendapatkan materi pelajaran bahasa Jepang. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas X dan XI yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bahasa JepangTeknik pengumpulan data, dokumentasi, kuesioner (angket) dan wawancara.. Data yang dihasilkan dari penelitian diuji dengan SPSS sehingga didapat hasil koefisien korelasi product Moment atau dengan hasil rhitung sebesar 0,529, Harga rtabel untuk taraf kesalahan 5% dengan N = 16 diperoleh hasil rtabel = 0,497. Dari analisis yang sudah dilakukan diketahui harga rhitung lebih besar dari rtabel untuk kesalahan 5% yaitu (0,529 > 0,497). Dari hasil pengolahan data didapat kontribusi yang dihitung dengan koefisien determinasi sebesar 27,9%. Hal ini menunjukan bahwa kegiatan ekstrakurikuler bahasa Jepang berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMAN 3 Semarang sebanyak 27,9% dengan melihat tabel pemaknaannya yaitu memiliki pengaruh yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Ekstrakurikuler, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General) > motivation to learn
L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:35
Last Modified: 03 Sep 2021 02:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45477

Actions (login required)

View Item View Item