ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA MATERI PLANTAE DI SMA KABUPATEN JEPARA


Shelvi Handayani Wibowo, 4401415096 (2021) ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA MATERI PLANTAE DI SMA KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA MATERI PLANTAE DI SMA KABUPATEN JEPARA] PDF (ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA MATERI PLANTAE DI SMA KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Diera globalisasi ini sekolah diwajibkan mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa untuk memenuhi tuntutan zaman abad ke-21. Guru merupakan penentu dalam kualitas peserta didik, peranan guru dalam proses pembelajaran ditekankan sebagai fasilitator untuk keberhasilan belajar peserta didik termasuk di SMA Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam Kesulitan Guru dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Materi Plantae di SMA Kabupaten Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Sumber data penelitian guru Biologi di SMA Kabupaten Jepara dengan sampel penelitian ialah guru Biologi di SMAN 1 Kembang, SMAN 1 Bangsri, SMAN 1 Mayong, dan SMA Islam Jepara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Kesulitan yang dihadapi guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa SMA di Kabupaten Jepara antara lain Guru kesulitan menentukan kata kerja yang sesuai untuk tujuan pembelajaran, minat baca siswa yang rendah, kemampuan siswa yang berbeda-beda, keterbatasan contoh konkret spesies tumbuhan di sekolah, kurangnya rasa percaya diri siswa dalam menyampaikan argumentasi, kesulitan menyesuaikan kalimat pada tugas dan sulit mengkorelasikan tugas yang diberikan agar siswa benar-benar paham terhadap konsep. Solusi untuk mengatasi kesulitan guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi yaitu menemukan metode pembelajaran yang menarik, memperbanyak referensi penyusunan soal HOTS, diadakan pelatihan penyusunan RPP dan pengembangan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, pengembangan suplemen bahan ajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Berpikir Tingkat Tinggi, Materi Pembelajaran Plantae
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 03 Sep 2021 02:31
Last Modified: 03 Sep 2021 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45476

Actions (login required)

View Item View Item