PENGARUH BENTUK SAMBUNGAN LILITAN ARMATUR TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR LISTRIK


Achmad Nursholikin, 5202413042 (2020) PENGARUH BENTUK SAMBUNGAN LILITAN ARMATUR TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR LISTRIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BENTUK SAMBUNGAN LILITAN ARMATUR TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR LISTRIK] PDF (PENGARUH BENTUK SAMBUNGAN LILITAN ARMATUR TERHADAP DAYA DAN TORSI MOTOR LISTRIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Isu pemanasan global dan penghematan penggunaan Bahan Bakar Minyak (BBM) merupakan isu pendongkrak berkembangnya teknologi motor listrik. Motor DC konvensional sudah dikenal efisien dan bebas polusi, namun masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki. Maka diperlukan pengembangan maupun perancangan motor listrik baru untuk mendapatkan performa motor listrik yang lebih baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari bentuk sambungan lilitan armature terhadap torsi motor listrik. Tipe motor listrik yang digunakan adalah motor listrik DC. Bentuk sambungan yang digunakan adalah bentuk sambung lilitan 2 , bentuk sambung standart,bentuk sambung lilitan 2 adalah membuat lilitan dengan mengambil 2 jarak antar segmen armature dan untuk bentuk sambung standart mempunyai bentuk sambung antar armature berjarak 3 segmen. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif yaitu statistik yang digunakan untuk menganalisis data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Berdasarkan hasil pengujian bentuk sambungan 1 dan 2 dapat berfungsi dengan baik, yaitu dapat berputar dengan baik dan dapat dilakukan uji pada motor listrik tersebut. bentuk sambung lilitan 2 mengasilkan daya sebesar 59,25 Watt pada puncaknya yaitu terjadi pada putaran 700 rpm, Kemudian pada bentuk sambungan standart menghasilkan daya sebesar 77,07 Watt terjadi pada putaran 900 Rpm.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motor listrik, torsi , daya, armature, sambungan lilitan
Subjects: T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Sep 2021 00:49
Last Modified: 03 Sep 2021 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45464

Actions (login required)

View Item View Item