EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SINTESIS PROTEIN


Muhsin Alfath, 4401414026 (2021) EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SINTESIS PROTEIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SINTESIS PROTEIN] PDF (EFEKTIVITAS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI SINTESIS PROTEIN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Observasi awal pada siswa dan guru biologi kelas XII SMAN 1 Kedungwuni diperoleh informasi bahwa materi sintesis protein merupakan salah satu materi yang sulit dipahami siswa. Guru biologi lebih sering menggunakan metode ceramah, diskusi, dan presentasi materi. Perlu upaya untuk mengemas pembelajaran menjadi lebih menarik, interaktif, inspiratif, dan menyenangkan, salah satunya dengan pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dan role playing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keefektifan PjBL dengan role playing pada materi sintesis protein terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Penelitian dilakukan pada kelas XII MIPA SMAN 1 Kedungwuni yang berjumlah 4 kelas. Sampel penelitian adalah kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 4 SMAN 1 Kedungwuni yang ditentukan secara purposive, dengan pertimbangan diajar guru yang sama dan memiliki rata-rata UAS yang hampir sama. Penerapan pembelajaran PjBL dengan role playing dilakukan dengan membagi setiap kelas menjadi 3 kelompok besar dan setiap kelompok melakukan peragaan materi sintesis protein di depan kelas. Video role playing juga dibuat sebagai salah satu output pembelajaran. Data penelitian yang diambil berupa hasil belajar ranah kognitif (pretest dan posttest), afektif, dan psikomotorik (peragaan dan video). Hasil belajar ranah kognitif dianalisis untuk menentukan ketuntasan klasikal dan N-gain, sedangkan hasil belajar ranah afektif dan psikomotorik dianalisis secara deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua kelas mencapai ketuntasan klasikal berturut-turut 100% dan 94,4% dan N-gain dengan kategori sedang dan tinggi. Hasil belajar ranah psikomotorik kelas XII MIPA 1 sebesar 89,09% (kategori sangat baik) dan kelas XII MIPA 4 sebesar 80,28% (kategori baik). Hasil belajar ranah afektif kelas XII MIPA 1 dan XII MIPA 4 berturut-turut mencapai 93,65% dan 92,86% (kategori sangat baik). Hasil ini menunjukkan pembelajaran PjBL dengan role playing pada materi sintesis protein yang diimplementasikan efektif meningkatkan hasil belajar ranah kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PjBL, Role Playing, Hasil belajar, Sintesis Protein
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:26
Last Modified: 02 Sep 2021 07:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45455

Actions (login required)

View Item View Item