SURVEI PEMBINAAN KLUB SEPAKBOLA PADA PERSATUAN SEPAKBOLA ANGKATAN DARAT (PS. AD) KOTA SEMARANG TAHUN 2018


Pramudita Ardi Rahmanta, 6101414122 (2020) SURVEI PEMBINAAN KLUB SEPAKBOLA PADA PERSATUAN SEPAKBOLA ANGKATAN DARAT (PS. AD) KOTA SEMARANG TAHUN 2018. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI PEMBINAAN KLUB SEPAKBOLA PADA PERSATUAN SEPAKBOLA ANGKATAN DARAT (PS. AD) KOTA SEMARANG TAHUN 2018] PDF (SURVEI PEMBINAAN KLUB SEPAKBOLA PADA PERSATUAN SEPAKBOLA ANGKATAN DARAT (PS. AD) KOTA SEMARANG TAHUN 2018) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Salah satu upaya untuk memenuhi target dan mendapatkan prestasi yang diinginkan dalam olahraga prestasi adalah dengan membangun pola pembinaan yang baik. Untuk melakukan suatu pembinaan diperlukan suatu wadah atau organisasi yang dapat membina sehingga menjadi pemain handal. Selain itu adanya sarana dan prasarana atau fasilitas yang mendukung terlaksananya latihan sistematis dan kontinyu. Kemudian pendanaan merupakan faktor pokok untuk terlaksanya tujuan suatu organisasi. Pertanyaan penelitian yaitu bagaimanakah pembinaan klub sepakbola PS. AD di Kota Semarang?. Tujuan penelitian untuk mengetahui pembinaan klub sepakbola PS. AD di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di Kota Semarang. Sasaran penelitian penelitian ini adalah pengurus, pelatih dan atlet. Instrumen penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa, 1) Pelatih yang melatih klub sepakbola PS. AD berjumlah 3 orang, yaitu pelatih kepala, pelatih asisten, dan pelatih kiper dan semua sudah mempunyai lisensi kepelatihan secara resmi dengan lisensi tertinggi lisensi C AFC, 2), Susunan organisasi di klub sepakbola PS. AD sudah terstruktur dengan baik dan dengan SOP yang jelas dengan Dandim sebagai Ketua Kodam sekaligus Ketua Umum 3) Pendanaan yang diperoleh dari klub PS. AD bersumber dari dana satuan militer dan juga beberapa bekerja sama dengan sponsor, kemudian anggaran di manajemen oleh pengurus dan dimanfaatkan untuk keperluan sarana dan prasarana serta anggaran untuk mengikuti event, 4) Program latihan klub sepakbola PS. AD sudah tersusun dengan baik karena mempunyai program latihan yang mencangkup aspek latihan fisik, latihan mental, latihan taktik dan ketrampilan teknik, dan 5) Sarana dan prasarana yang dimiliki klub sepakbola PS. AD sudah sesuai standar untuk sebuah tim amatir yang berkompetisi di Divisi I Askot PSSI, bahkan lapangan yang dimiliki berjumlah 3 lapangan dan dengan perawatan rutin. Simpulan dalam penelitian ini adalah pembinaan klub sepakbola PS. AD di Kota Semarang sudah berjalan dengan baik. Saran dalam penelitian ini adalah Dari segi program latihan diusahakan untuk dapat memilih lapangan yang bisa digunakan untuk latihan secara utuh tanpa ada gabungan dari masyarakat, sipil dan juga latihan militer.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Sepak Bola, PS. AD
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Sep 2021 07:07
Last Modified: 02 Sep 2021 07:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45453

Actions (login required)

View Item View Item