PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YANG MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING CLASS DOJO, SCHOOLOGY, GOOGLE CLASSROOM, DAN EDMODO


Elang Arief Rahmana, 4112317009 (2021) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YANG MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING CLASS DOJO, SCHOOLOGY, GOOGLE CLASSROOM, DAN EDMODO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YANG MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING CLASS DOJO, SCHOOLOGY, GOOGLE CLASSROOM, DAN EDMODO] PDF (PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP YANG MENGGUNAKAN MEDIA E-LEARNING CLASS DOJO, SCHOOLOGY, GOOGLE CLASSROOM, DAN EDMODO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kondisi pandemi Covid-19 ini mengakibatkan perubahan yang luar biasa, termasuk dalam bidang pendidikan, seolah seluruh jenjang pendidikan dipaksa bertransformasi untuk beradaptasi secara tiba-tiba untuk melakukan pembelajaran dari rumah melalui media daring. Konsep pembelajaran daring memiliki konsep yang sama dengan e-learning.. Pemanfaatan e-learning sebagai teknologi juga diperlukan suatu rancangan agar dapat melaksanakan pembelajaran dengan efektif, serta meningkatkan hasil pembelajaran peserta didik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pada penelitian ini difokuskan untuk mengamati perbedaan hasil belajar Matematika menggunakan media e-learning dengan LMS (Learning Mangement System) berbasis Class Dojo, Schoology, Google Classroom, dan Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan efektifitas pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis Class Dojo, Schoology, Google Classroom, dan Edmod, dan untuk mengetahui manakah yang lebih efektif diantara pembelajaran menggunakan media e-learning berbasis Class Dojo, Schoology, Google Classroom, dan Edmodo. Data yang digunakan adalah data sekunder dari hasil observasi (pengamatan) dengan metode cluster random sampling dalam pembelajaran Matematika menggunakan media e-learning berbasis Class Dojo, Schoology, Google Glassroom, dan Edmodo. Analisis data menggunakan metode Kruskal-Wallis Test dan akan diolah dengan bantuan software SPSS dan perhitungan manual. Berdasarkan hasil pengujian dan pembahasan yang telah dipaparkan, disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari hasil belajar matematika siswa SMP di Kota Semarang dengan menggunakan media LMS e-learning berbasis Class Dojo, Schoology, Google Classroom, dan Edmodo. Media LMS Google Classroom merupakan media yang paling efektif untuk melakukan pembelajaran menggunakan media e-learning dengan rata-rata nilai hasil belajar matematika sebesar 84,194 dan mean rank sebesar 89,27.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: E-Learning, Class Dojo, Schoology, Google Classroom, Edmodo, Kruskal-Wallis
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:28
Last Modified: 02 Sep 2021 06:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45452

Actions (login required)

View Item View Item