ANALISIS FAKTOR DALAM PEMILIHAN BANK BRI SEBAGAI TEMPAT TRANSAKSI PERBANKAN PADA MAHASISWA UNNES


Adi Prayoga, 4112315025 (2020) ANALISIS FAKTOR DALAM PEMILIHAN BANK BRI SEBAGAI TEMPAT TRANSAKSI PERBANKAN PADA MAHASISWA UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS FAKTOR DALAM PEMILIHAN BANK BRI SEBAGAI TEMPAT TRANSAKSI PERBANKAN PADA MAHASISWA UNNES] PDF (ANALISIS FAKTOR DALAM PEMILIHAN BANK BRI SEBAGAI TEMPAT TRANSAKSI PERBANKAN PADA MAHASISWA UNNES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena banyaknya mahasiswa UNNES yang menjadi nasabah dari bank BRI sebagai tempat transaksi perbankan. Tujuan analisis ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi mahasiswa Universitas Negeri Semarang dalam memilih bank BRI. Populasi dalam Tugas Akhir ini adalah sebagian dari Mahasiswa Universitas Negeri Semarang. Jenis dan sumber penelitian ini berupa data ordinal. Data ordinal disini berupa data tentang variabel-variabel yang mempengaruhi mahasiswa dalam memilih bank BRI. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer. Sampel dipilih secara random sebanyak 80 mahasiswa dari populasi seluruh mahasiswa UNNES. Teknis analisis data menggunakan statistik multivariat. Hasil analisis yang dilakukan dengan menggunakan software SPSS 12.0 dihasilkan analisis output menunjukkan bahwa secara nyata dari 9 variabel yang dimiliki yaitu variabel banyak cabang BRI, mesin atm terjangkau, layanan E-banking pegawai yang kompeten, pelayanan tepat waktu, pegawai sopan dan ramah, pegawai melayani dengan sigap, efisiensi waktu pelayanan, dan security yang tanggap dapat dianalisis lebih lanjut karena ke-9 variabel tersebut nilai MSAnya diatas 0,5 (banyak cabang BRI = 0,706, mesin atm yang terjangkau = 0,725, layanan E-banking = 0,921, pegawai yang kompeten = 0,744, pelayanan tepat waktu = 0,861, pegawai yang sopan dan ramah = 0,819, pegawai melayani dengan sigap = 0,869, efisiensi waktu pelayanan = 0,882, dan security yang tanggapp = 0,797). Setelah dilakukan analisis lebih lanjut, dihasilkan 2 faktor yaitu faktor fasilitas dan faktor pelayanan yang masing-masing menghasilkan beberapa variabel. Faktor fasilitas terdiri dari variabel banyak cabang BRI, mesin atm yang terjangkau, dan layanan E-banking. Sementara faktor pelayanan terdiri dari variabel pegawai yang kompeten, pelayanan tepat waktu, pegawai sopan dan ramah, pegawai melayani dengan sigap, efisiensi waktu pelayanan, dan security yang tanggap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor, Bank BRI, Perbankan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 06:25
Last Modified: 02 Sep 2021 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45451

Actions (login required)

View Item View Item