GERAKAN ISLAM LOKAL “PEMBERONTAKAN ANGKATAN OEMAT ISLAM (AOI) di KEBUMEN TAHUN 1945 – 1950”


Perdana Andhika Putra, 3111413039 (2020) GERAKAN ISLAM LOKAL “PEMBERONTAKAN ANGKATAN OEMAT ISLAM (AOI) di KEBUMEN TAHUN 1945 – 1950”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of GERAKAN ISLAM LOKAL  “PEMBERONTAKAN ANGKATAN OEMAT ISLAM (AOI)  di KEBUMEN TAHUN 1945 – 1950”] PDF (GERAKAN ISLAM LOKAL “PEMBERONTAKAN ANGKATAN OEMAT ISLAM (AOI) di KEBUMEN TAHUN 1945 – 1950”)
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pertentangan antara partai-partai politik yang pro dan kontra persetujuan Linggarjati semakin meruncing, pada masa ini dari kelompok Islam sudah berdiri berbagai organisasi di Kebumen salah satunya yaitu Angkatan Oemat Islam (AOI) yang didirikan oleh K.H. Mahfudz Abdul Rahman atau disebut juga “Romo Kiai Pusat”. Angkatan Oemat Islam (AOI) dianggap sebagai pemberontakan laskar Islam yang melakukan pemberontakan di Jawa Tengah dan merupakan bagian dari DI/TII Jawa Tengah di bawah kepemimpinan Amir Fatah. Tujuan penelitian ini adalah : (1) mengetahui latar belakang gerakan Angkatan Oemat Islam (AOI) di Kebumen tahun 1945, (2) mengetahui peran Angkatan Oemat Islam (AOI) pada masa revolusi 1945-1950, (3) mengetahui hubungan Angkatan Omat Islam (AOI) dengan DI/TII Jawa Tengah, (4) mengetahui tragedi pemberontakan Angkatan Oemat Islam (AOI) tahun 1945- 1950. Metode Penelitian yang digunakan berupa metode historis, yang terdiri dari lima tahap, yaitu penentuan topik, heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Salah satu tujuan yang dianut AOI pada saat pembentukannya adalah terciptanya suatu negara Indonesia berdasarkan prinsip - prinsip Islam. AOI lahir sebagai wahana koordinasi ulama dan masyarakat dalam melakukan perlawanan terhadap Belanda. (2) Potensi AOI memiliki peranan besar dalam upaya mempertahankan proklamasi kemerdekaan Indonesia. AOI ikut berjuang bersama dalam pasukan Hizbullah-Sabilillah yang dibentuk ulama-ulama Indonesia dalam berperang dalam front Sidoarjo pada bulan November 1945. (3) Kiai Mahfud sama sekali tidak menyiapkan konsep�konsep untuk mendirikan negara tersendiri sebagaimana dilakukan SM Kartosuwiryo di Jawa Barat. (4) Tentara Republik mulai menumpas pemberontakan AOI pada tanggal 1 Agustus 1950 dan Kiai Mahfud telah mengalami syahid di Gunung Selok, Cilacap.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kebumen, Pemberontakan, Angkatan Oemat Islam
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:42
Last Modified: 02 Sep 2021 05:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45437

Actions (login required)

View Item View Item