PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 2 WONOSOBO


Anggie Elsa Sakila, 3101416014 (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 2 WONOSOBO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 2 WONOSOBO] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS APLIKASI ANDROID UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IIS 1 SMA NEGERI 2 WONOSOBO) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Memanfaatkan media pembelajaran dapat menciptakan sebuah proses yang akan tersampaikan dengan baik dan sesuai tujuan awal. Namun, dilapangan ditemukan kurangnya pemanfaatan media pembelajaran, khususnya dalam penggunaan IT. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengetahui adanya penigkatkan hasil belajar kognitif dan seberapa besar peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas XI IIS 1 SMA Negeri 2 Wonosobo pada pembelajaran sejarah yang ditunjang oleh media pembelajaran berbasis aplikasi android. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Prosedur penelitian menggunakan model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluation. Penentuan tingkat kelayakan media pembelajaran berdasarkan uji validasi para ahli dan uji coba skala kecil kemudian diterapkan pada uji skala besar. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, data dokumen, angket, dan tes. Teknik analisis data, meliputi analisis data produk, analisis data awal dengan uji normalitas, serta analisis data akhir dengan uji n-gain dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase yang didapat dari ahli materi sebesar 77%dengan kriteria layak. Persentase yang didapat dari ahli media adalah 91% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran mendapat tanggapan positif dari guru dengan skor 100% dan dari siswa mendapat skor 95%. Hasil penelitian juga menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajarkognitif secara signifikan pada kelas setelah menggunakan aplikasi android untukpembelajaran sejarah di kelas XI IIS 1 SMA Negeri 2 Wonosobo yang terbukti oleh hasil thitung (16,368) > ttabel (2,042). Dibuktikan juga pada hasil rata�rata nilai posttest sebesar 86,77 dibandingkan rata-rata nilai pretest sebesar 53,39 dengan perolehan n-gain sebesar 0,72 dalam kriteria tinggi. Simpulan penelitian ini yaitu media pembelajaran berbasis aplikasi android efektif digunakan pada mata pelejaran sejarah materi kependudukan Jepang di Indonesia terhadap hasil belajar kognitif siswa. Saran untuk siswa agar produk yang dikembangkan dapat digunakan sebagai sumber belajar, serta guru dapat pula menggunakan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada pembelajaran lain dengan menyesuaikan isi materi yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sejarah; media pembelajaran; aplikasi android; hasil belajar.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2021 05:27
Last Modified: 02 Sep 2021 05:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45436

Actions (login required)

View Item View Item