PERILAKU MASYARAKAT DALAM BERPARTISIPASI PEMELIHARAAN RUANG TERBUKA HIJAU PUBLIK TAMAN INDONESIA KAYA KOTA SEMARANG


Nova Widiyaningsih, 3201415044 (2021) PERILAKU MASYARAKAT DALAM BERPARTISIPASI PEMELIHARAAN RUANG TERBUKA HIJAU PUBLIK TAMAN INDONESIA KAYA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERILAKU MASYARAKAT DALAM BERPARTISIPASI  PEMELIHARAAN RUANG TERBUKA HIJAU PUBLIK  TAMAN INDONESIA KAYA KOTA SEMARANG] PDF (PERILAKU MASYARAKAT DALAM BERPARTISIPASI PEMELIHARAAN RUANG TERBUKA HIJAU PUBLIK TAMAN INDONESIA KAYA KOTA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Taman Indonesia Kaya merupakan taman yang terletak di pusat Kota Semarang. Taman ini merupakan salah satu ruang terbuka hijau di kota Semarang, digunakan untuk berbagai aktivitas masyarakat dan keberlangsungan seni budaya lokal di Jawa Tengah dan Indonesia. Taman Kota ini harus senantiasa dijaga kebersihannya agar dapat memberikan kenyamanan bagi pengunjung dan masyarakat sekitar. Akan tetapi masih ada saja pengunjung yang meninggalkan sampah di sembarang tempat. Upaya untuk mengatasinya tidak hanya dilakukan dengan teknis semata tetapi juga dilakukan dengan upaya edukatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan di Taman Indonesia Kaya dan untuk mengetahui pengetahuan, sikap dan perilaku pengunjung dalam pemeliharaan Ruang Terbuka Hijau Publik Taman Indonesia Kaya di Kota Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data statistik deskriptif. Variabel penelitian ini adalah perilaku masyarakat dalam pemeliharaan Ruang Terbuka Hijau yang terdiri dari 3 sub variabel yaitu pengetahuan, sikap dan perilaku. Populasi dalam penelitian ini adalah responden yang pernah berkunjung ke Taman Indonesia Kaya yang disebarkan secara online. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 60 responden menggunakan teknik sampling Purposive Sampling. Hasil penelitian menunjukkan kondisi di taman Indonesia Kaya sudah layak sebagai RTH, sarana prasarana sudah terpenuhi dengan baik bahkan jaringan internet juga tersedia dan bisa diakses secara gratis, dari 60 responden penelitian dengan usia dan jenis kelamin yang beragam. Berdasar tingkat pengetahuan pada kategori sangat baik memiliki jumlah terbanyak dengan jumlah 47 responden, pada kategori baik dengan jumlah 8 responden, dan pada kategori kurang dengan jumlah 5 responden. Berdasarkan sikap pada kategori sangat baik memiliki jumlah terbanyak dengan jumlah 54 responden, pada kategori baik dengan jumlah 5 responden, dan pada kategori kurang dengan jumlah 1 responden. Berdasarkan Perilaku pada kategori sangat baik memiliki jumlah terbanyak dengan jumlah 52 responden, pada kategori baik dengan jumlah 5 responden dan pada kategori kurang dengan jumlah 3 responden. Berdasarkan hasil penelitian tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku pengunjung masuk dalam kriteria sangat baik. Saran bagi pengunjung sebaiknya senantiasa menerapkan pengetahuan dan sikap yang dimiliki dengan perilaku yang baik terutama dalam hal kebersihan area taman dan bagi pemerintah sebaiknya lebih mempertegas tata tertib bagi di area taman agar tercipta suasana yang semakin aman, nyaman bersih dan indah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku, Berpartisipasi, Ruang Terbuka Hijau
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:43
Last Modified: 02 Sep 2021 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45426

Actions (login required)

View Item View Item