PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS CERITA INSPIRATIF BERMUATAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI


Tri Nur Aeni, 2101416082 (2020) PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS CERITA INSPIRATIF BERMUATAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN   TEKS CERITA INSPIRATIF  BERMUATAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI] PDF (PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN TEKS CERITA INSPIRATIF BERMUATAN NILAI-NILAI ANTIKORUPSI) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (11MB) | Request a copy

Abstract

Buku merupakan sarana yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Dengan adanya buku sangat membantu peserta didik dalam mendapatkan informasi, khususnya yang berkatan langsung dengan materi pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 6 Semarang, SMP Negeri 3 Ungaran, dan SMP IT Insan Cendekia diketahui bahwa dalam pembelajaran pendidik dan peserta didik hanya mengacu pada buku teks bahasa Indonesia kelas IX terbitan Kemendikbud. Materi yang disajikan buku teks tersebut bersifat umum dan kurang lengkap. Perlu adanya buku pelengkap dalam pembelajaran, seperti buku pengayaan kepribadian. Buku pengayaan kepribadian memiliki peran penting dalam pembelajaran yaitu menambah pengetahuan, meningkatkan kualitas kepribadian, sikap, dan pengalaman batin pembaca. Teks cerita inspiratif merupakan salah satu teks baru dalam kurikulum 2013 revisi 2017, masih sedikit buku referensi yang digunakan dalam pembelajaran teks cerita inspiratif. Perlunya buku pengayaan kepribadian pada materi teks cerita inspiratif. Sebagai negaradengan tingkat korupsi yang cukup tinggi, perlu adanya penanaman nilainilai antikorupsi sebagai upaya pencegahan korupsi sejak dini. Pengintegrasian nilai-nilai antikorupsi pada buku pengayaan teks cerita inspiratif merupakan salah satu bentuk upaya pencegahan korupsi. Rumusan penelitian ini adalah: (1) bagaimana kebutuhan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi peserta didik Sekolah Mennegah Pertama (SMP), (2) bagaimana prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), (3) bagaimana penilaian oleh ahli mengenai buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), (4) bagaimana perbaikan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan kebutuhan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), (2) menyusun prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), (3) mendeskripsikan penilaian oleh ahli mengenai buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP), (4) memperbaiki prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi bagi peserta didik Sekolah Menengah Pertama (SMP). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Research and Development (R&D) yang dilakukan dalam lima tahap, yaitu: (1) viii pengumpulan potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik angket studi pustaka dan anget uji validasi ahli serta teknik wawancara kebutuhan peserta didik dan pendidik SMP. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu pemaparan data dan simpulan data. Hasil yang diperoleh pada penelitian yaitu (1) kebutuhan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi. Terdapat empat aspek kebutuhan peserta didik dan pendidik, yaitu: (a) aspek materi/isi. Dalam hal ini aspke materi memperoleh hasil bahwa peserta didik belum memahami teks cerita inspiratif, (b) aspek penyajian materi. Terkait aspek tersebut peserta didik dan pendidik ingin bahwa harus ada ilustrasi pada setiap cerita serta diberikan ulasan tiap teksnya, (c) aspek kebahasaan dan keterbacaan. Sesuai dengan data yang diperoleh dari peserta didik dan pendidik menginginkan keterbacaan dan kebahasaan teks cerita inspiratif berstruktur sederhana dan (d) aspek grafika. Dalam hal ini peserta didik dan pendidik ingin agar ukuran buku menjadi A5 dan memakai berbagai macam warna pada sampul buku, (2) prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai humanis yang dikembangkan peneliti meliputi beberapa bagian yaitu, a) kulit buku, terdiri atas kulit depan, kulit belakang, dan punggung buku, b) bagian awal buku, terdiri atas halaman prancis, halaman judul, halaman pengantar, dan halaman daftar isi, c) bagian isi, terdiri atas sebelas cerita inspiratif, ulasan teks, dan ilustrasi, dan d) bagian akhir buku, terdiri atas glosarium, indeks, dan biografi penulis. (3) selain itu terdapat penilaian dari ahli yang memberikan penilaian terhadap prototipe buku pengayaan teks cerita inspiratif. Adapun hasil yang diperoleh dari setiap aspek sangat baik. (4) terdapat beberapa saran dari ahli berkaitan dengan perbaikan buku, yaitu: (a) pada aspek materi/isi buku yaitu agar memperinci ulasan pada setiap teks cerita. Selain itu, kesesuaian isi dengan ilustrasi sudah bagus hanya saja penulis kurang mencantumkan sumber ilustrasi, (b) aspek penyajian materi terdapat beberapa saran dari dosen ahli, yaitu penambahan materi atau cerita, ilustrasi ditata secara variatif, serta perlu adanya sistematika (cerita, aktivitas siswa (ulasan), dan penegasan), dan perbaikan hak cipta, (c) aspek kebahasaan dan keterbacaan, yaitu memperbaiki penggunaan tanda baca, pemilihan diksi, dan disarankan memilih bahasa yang sesuai untuk anak-anak, dan (d) aspek grafika, yaitu desain sampul belum menunjukkan antikorupsi, ukuran huruf, dan jenis huruf belum sama. Berdasarkan penelitian ini, terdapat saran yang direkomendasikan dari peneliti, yaitu: (1) buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi tersebut direkomendasikan sebagai bahan ajar pendamping, (2) penanaman nila-nilai antikorupsi sangat perlu ditanamkan pada saat pembelajaran, (3) peneliti lain perlu melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku pengayaan teks cerita inspiratif bermuatan nilai-nilai antikorupsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku pengayaan; teks cerita inspiratif; nilai-nilai antikorupsi
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: annisa dwi cahyaningtyas
Date Deposited: 02 Sep 2021 03:29
Last Modified: 02 Sep 2021 03:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45418

Actions (login required)

View Item View Item