MANAJEMEN WAHANA OLAHRAGA REKREASI DI AGROWISATA TIRTO ARUM BARU KECAMATAN KENDAL, KABUPATEN KENDAL


ADAM HUSNUN AMIRUSSANI 6101413178, 6101413178 (2020) MANAJEMEN WAHANA OLAHRAGA REKREASI DI AGROWISATA TIRTO ARUM BARU KECAMATAN KENDAL, KABUPATEN KENDAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN WAHANA OLAHRAGA REKREASI DI AGROWISATA TIRTO ARUM BARU KECAMATAN KENDAL, KABUPATEN KENDAL] PDF (MANAJEMEN WAHANA OLAHRAGA REKREASI DI AGROWISATA TIRTO ARUM BARU KECAMATAN KENDAL, KABUPATEN KENDAL) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Peran manajemen dalam bidang pendidikan rekreasi outbound sangat penting karena jika tidak terencana dengan baik, maka wahana tersebut dapat membahayakan pengunjung. Dengan adanya manajemen yang baik maka perencanaan dan konsep-konsep yang ada akan tercapai. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen pengelolaan, kondisi sarana prasarana, sumbedaya dan pemasaran Agrowisata Tirto Arum Baru sebagai wahana pendidikan rekreasi masyarakat. Pendekatan penelitin ini yaitu kualitatif dengan subyek penelitian meliputi Manajer, karyawan serta pengunjung wahana. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, penelusuran dokumen dan dokumentasi. Teknik untuk memeriksa keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu analisis data kualitatif dengan tahapan yaitu data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification (penarikan kesimpulan dan verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Manajemen Agrowisata Tirto Arum Baru telah menerapkan fungsi-fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. (2) Kondisi sarana dan prasarana tergolong baik dan layak karena sesuai dengan standar kelayakan nasional pada peralatan dan perlengkapan wahana agrowisata. Selain itu, adanya ketersediaan sarana akomodasi yang ada seperti hotel, dan villa yang selalu dirawat dan dijaga kebersihannya serta sarana transportasi mudah. (3) Sumber Daya pada Agrowisata Tirto Arum meliputi sumber daya alam, sumber daya keuangan/pendanaan dan sumber daya manusia. (4) Pemasaran Agrowisata Tirto Arum Baru dilakukan dengan cara online dan juga dengan cara offline. Simpulan penelitian ini yaitu manajemen wahana olahraga rekreasi di Agrowisata Tirto Arum Baru sudah baik. Saran yang dapat peneliti berikan yaitu hendaknya Agrowisata Tirto Arum Baru perlu memberikan layanan berupa member card kepada pengunjung dengan kelebihan diskon tiket dan layanan lainnya sehingga manajemen memiliki database dan dapat lebih mudah menghubungi pelanggan baru dan lama serta sebagai strategi peningkatan jumlah pengunjung dan pendapatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Wahana, dan Olahraga Rekreasi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Sep 2021 04:34
Last Modified: 02 Sep 2021 04:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45417

Actions (login required)

View Item View Item