PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK


Fitriyani Mutiara Candra, 4001416066 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA AUGMENTED REALITY BERBASIS APLIKASI ANDROID MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (23MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis peserta didik salah satu permasalahan pada mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Bawen. Keterampilan berpikir kritis dalam memahami materi yang bersifat abstrak dalam pembelajaran dapat dilatih dengan penggunaan media pembelajaran. Augmented Reality (AR). AR merupakan teknologi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang memungkinkan penggunanya membuat media digital (bentuk 3D, audio, video dan pesan) yang mana media tersebut dapat diproyeksikan dalam waktu yang nyata. Ponsel pintar dapat digunakan dalam membantu pembelajaran di kelas, namun penggunaannya masih belum dioptimalkan. Sistem operasi android banyak digunakan pada ponsel pintar peserta didik. Materi cahaya dan alat optik bersifat abstrak terutama dalam pembentukan bayangan pada lensa, cermin, maupun alat optik peserta didik tidak dapat melihat jalannya sinar sehingga membutuhkan pemahaman lebih dalam memahaminya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media AR berbasis aplikasi android materi cahaya dan alat optik untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik. Jenis penilitian adalah RnD menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implement, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX. Data penelitian diperoleh kelayakan media dan karakteristik media. Hasil validasi ahli materi dan media diperoleh skor 91,66% dan 90,67% termasuk kategori sangat valid. Berdasarkan angket keterbacaan diperoleh karakteristik media AR berbasis aplikasi android sebagai berikut: (1) media mudah digunakan, (2) media dapat digunakan pada perangkat ponsel pintar android 4.4 KitKat – android 10, (3) media sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, (4) muncul objek 3D ketika menjalankan menu mulai AR dan memindai marker secara real time ketika menggunakan aplikasi, (5) media dapat digunakan dengan interaktif secara real time, (6) tampilan objek 3D AR dapat mempresentasikan wujud objek seperti aslinya, (7) media membantu peserta didik dalam mempelajari materi cahaya dan alat optik, (8) media dapat melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik dalam mempelajari materi cahaya dan alat optik. Berdasarkan hasil validasi dan angket keterbacaan dapat disimpulkan bahwa media AR berbasis aplikasi android sangat valid digunakan dan dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi cahaya dan alat optik. Saran penggunaan dari media AR yang dikembangkan yaitu penggunaan menggunakan ponsel pintar dengan spesifikasi RAM minimal 2 GB dengan kapasitas penyimpanan internal yang mencukupi, spesifikasi fokus kamera yang baik, serta kelengkapan sensor accelerometer dan gyroscope.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: AR (Augmented Reality), aplikasi berbasis android, keterampilan berpikir kritis, materi cahaya dan alat optik
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:48
Last Modified: 02 Sep 2021 02:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45406

Actions (login required)

View Item View Item