PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING TERINTEGRASI MODEL INKUIRI BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI TATA SURYA


Ato Suanto, 4001416065 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING TERINTEGRASI MODEL INKUIRI BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI TATA SURYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING TERINTEGRASI MODEL INKUIRI BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI TATA SURYA] PDF (PENGEMBANGAN MEDIA E-LEARNING TERINTEGRASI MODEL INKUIRI BERBASIS SCHOOLOGY UNTUK MELATIH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MATERI TATA SURYA) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media e-learning terintegrasi model inkuiri berbasis schoology untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa. Desain penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan angket. Hasil kelayakan media oleh pakar materi sebesar 0,85 dan pakar media sebesar 0,87 dengan kriteria sangat layak. Hasil kemampuan berpikir kritis berdasarkan data tes menunjukkan bahwa seluruh siswa memperoleh nilai di atas KKM yang ditentukan dengan rata-rata nilai klasikal 85, artinya seluruh siswa mampu melatih kemampuan berpikir kritis. Hasil angket tanggapan siswa menunjukkan 19% siswa memberikan respon baik dan 81% memberikan respon sangat baik. Oleh karena itu, media e-learning terintegrasi model inkuiri berbasis schoology layak dan efektif untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: e-learning; inkuiri; schoology; kemampuan berpikir kritis.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:43
Last Modified: 02 Sep 2021 02:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45405

Actions (login required)

View Item View Item