PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL READING–CONCEPT MAP–TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN COUPLE CARD UNTUK MENSTIMULUS KEAKTIFAN SISWA SMP


Rina Nur Farida, 4001416050 (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL READING–CONCEPT MAP–TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN COUPLE CARD UNTUK MENSTIMULUS KEAKTIFAN SISWA SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL READING–CONCEPT MAP–TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN COUPLE CARD UNTUK MENSTIMULUS KEAKTIFAN SISWA SMP] PDF (PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL READING–CONCEPT MAP–TEAMS GAMES TOURNAMENTS BERBANTUAN COUPLE CARD UNTUK MENSTIMULUS KEAKTIFAN SISWA SMP) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (13MB) | Request a copy

Abstract

Keaktifan siswa yang masih rendah disebabkan pemilihan model yang monoton dan tidak disertai perangkat pembelajaran yang mendukung seperti tidak menggunakan LDS serta media yang digunakan kurang inovatif. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik dan menganalisis kelayakan perangkat pembelajaran model reading-concept map-teams games tournaments berbantuan couple card yang dikembangkan. Prosedur pengembangan yang digunakan yaitu penelitian pengembangan model ADDIE. Proses pengembangan menggunakan model ADDIE dibatasi hanya sampai proses development. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan angket. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memiliki karakteristik, antara lain: perangkat pembelajaran secara daring dengan model Remap-TGT, menggunakan media couple card, materi yang digunakan adalah materi pernapasan manusia, serta terdapat indikator keaktifan siswa pada perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil validasi perangkat pembelajaran oleh ahli, penilaian silabus mendapat skor kriteria validasi 0,9, penilaian RPP mendapat skor kriteria validasi 0,89, penilaian LDS mendapat skor kriteria validasi 0,88, penilaian media couple card mendapat skor kriteria validasi 0,86, dan penilaian lembar observasi keaktifan siswa mendapat skor kriteria validasi 0,9. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran model Remap-TGT berbantuan couple card sangat layak digunakan untuk menunjang proses pembelajaran

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Reading–Concept Map–Teams Games Tournaments, Couple Card, Keaktifan Siswa.
Subjects: L Education > Special Education > Education of Natural Science
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:41
Last Modified: 02 Sep 2021 02:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45402

Actions (login required)

View Item View Item