SURVEY PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA PRESTASI DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020


Dwi Angga Saputra, 6101413135 (2020) SURVEY PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA PRESTASI DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEY PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA PRESTASI DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020] PDF (SURVEY PEMBINAAN CABANG OLAHRAGA PRESTASI DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Potensi besar cabang olahraga unggulan di Kabupaten Demak dalam menghasilkan atlet berprestasi. Pola pembinaan prestasi serta faktor yang mempengaruhi pada cabang olahraga unggulan di kabupaten demak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola pembinaan prestasi cabang olahraga unggulan di Kabupaten Demak. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif, metode yang digunakan adalah deskriptif. Subyek yang diteliti adalah cabang olahraga unggulan di Kabupaten Demak. Tahap penelitian ini meliputi tahap pralapangan, tahap pekerjaan lapangan dan tahap analisis data. Instrument penelitian meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah pelatih dan atau pengurus cabor. Objek dalam penelitian ini adalah 11 komponen yaitu: 1) pelatih, 2) klub dan perkumpulan, 3) penataran atau pelatihan, 4) sarana dan prasarana, 5) iklim kompetisi, 6) kejuaraan, 7) setra pembinaan, 8) iptek keolahragaan, 9) sistem informasi, 10) pendanaan, 11) penghargaan di cabang olahraga unggulan di Kabupaten Demak. Analisis data dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan data, memilah data, mempelajari data, mendeskripsikan data dan membuat analisis akhir. Hasil penelitian ini adalah: 1) pelatih pada cabang olahraga unggulan sudah berpengalaman. 2) klub dan perkumpulan pada cabang olahraga unggulan banyak, namun masih sedikit yang memiliki legalitas resmi. 3) pelatihan dan penataran dari pengcab masih jarang. 4) sarana dan prasarana kurang lengkap. 5) iklim pengadaan kompetisi didalam daerah dari setiap cabor tergolong kurang 6) cabor unggulan dalam mengikuti kejuaraan diluar daerah ditiap tahunnya sangat tinggi. 7) sentra pembinaan sudah sangat baik dengan diadakannya setiap tahun. 8) IPTEK Keolahragaan masih kurang adanya kerjasama dengan Universitas maupun PT. 9) sistem informasi lengkap disetiap cabor. 10) pendanaan yang ada pada pengcab diperoleh dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD). 11) penghargaan diberikan dari pemerintah oleh atlet dan pelatih disetiap tahunnya. Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah cabang yang dapat disampaikan adalah sistem pembinaan atlet cabang olahraga unggulan di Kabupaten Demak sudah melaksanakan sistem pembinaan dengan mengacu pada sistem pembinaan pemassalan, pembinaan pembibitan, dan pembinaan prestasi, pembibitan sudah baik karena menggunakan metode alamiah dan ilmiah, pendanaan juga sudah sangat diperhatikan. Diharapkan supaya lebih memperbaiki tugas kepengurusan dan membangun kerjasama antar pengurus supaya pengurus cabang olahraga unggulan ini bisa berperan lebih aktif dan dapat berjalan dengan baik sehingga dapat menigkatkan prestasi lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Prestasi, Olahraga, Unggulan
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:40
Last Modified: 02 Sep 2021 02:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45398

Actions (login required)

View Item View Item