URVEI MINAT DAN MOTIVASI OLAHRAGA PADA ANAK DISABILITAS DI SLB NEGERI SEMARANG


Rizky Satrio Putro, 6101413125 (2020) URVEI MINAT DAN MOTIVASI OLAHRAGA PADA ANAK DISABILITAS DI SLB NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of URVEI MINAT DAN MOTIVASI OLAHRAGA PADA ANAK DISABILITAS DI SLB NEGERI SEMARANG] PDF (URVEI MINAT DAN MOTIVASI OLAHRAGA PADA ANAK DISABILITAS DI SLB NEGERI SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Siswa yang mengalami disabilitas memiliki keterbatasan dalam menjalankan olahraga seperti orang sehat pada umumnya. Keterbatasanketerbatasan bisa menjadikan motivasi dan minat bagi penderita untuk tetap melakukan olahraga di sekolah, tentunya berdasarkan pada tinggi dan rendahnya minat yang dimiliki. Permasalahan penelitian ini yaitu : Bagaimanakeadaan minat dan motivasi olahraga siswa disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Semarang. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui keadaan minat dan motivasi olahraga siswa disabilitas di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kota Semarang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian survey. Variabel dalam penelitian ini adalah Minat dan Motivasi siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang, serta data yang diambil dengan metode kuesioner sehingga dapat diolah secara kuantitatif dan dijelaskan berdasarkan hitungan angka hasil olahdata dari SPSS.. Sampel penelitian ini adalah siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang. Teknik penarikan sampel penelitian ini menggunakan total sampling mode pengolahan data statistic dengan bantuan program komputer SPSS 16. Penelitian dengan pengolahan data statistic untuk mencari tahu tingkat minat dan motivasi siswa Sekolah Luar Biasa Negeri Semarang, maka diperoleh hasil sebagai berikut : minat dan motivasi olahraga siswa di SLB Negeri Semarang sebanyak 5 siswa masuk kedalam kategori sangat tinggi yaitu > 85%, sebanyak 48 siswa masuk kedalam kategori Tinggi yaitu dengan prosentase antara 76-85%, sebanyak 7 siswa masuk kedalam kategori sedang yaitu degan prosentase antara 60-75%, dan tidak ada siswa dengan kategori rendah yaitu <60%. Kesimpulan penelitian ini yaitu minat dan motivasi olahraga siswa di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Semarang sudah baik, ini menunjukkan bahwa olahraga mampu mendorong anak-anak berkebutuhan khusus untuk senang beraktivitas fisik dan memperoleh manfaat seperti memenuhi kebutuhan fisiologis, kebutuhan rasa aman, kebutuhan aktualisasi diri dan kebutuhan Sosial Kebutuhan akan penghargaan. Saran Perlunya diberikan semangat bagi pada siswa untuk selalu ingin maju dan berkembang seperti halnya anak-anak normal lainnya. Dengan pemberian semangat tersebut akan dapat memunculkan minat dari diri siswa yang mengalami berkebutuhan khusus untuk melakukan aktivitas olahraga.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Olahraga, Anak Disabilitas
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:31
Last Modified: 02 Sep 2021 02:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45395

Actions (login required)

View Item View Item