EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK


Rahma Dita Dewayani, 4401414102 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK] PDF (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM GERAK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji efektifitas model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar siswa. Indikator penilaian pada penelitian ini meliputi tiga ranah yaitu, hasil belajar ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Jekulo yang terdiri dari 4 kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling yaitu siswa kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan siswa kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen. Data hasil belajar kognitif diuji t, hasil belajar afektif, hasil belajar psikomotor dan tanggapan siswa dianalisis secara deskriptif kuaitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan kelas kontrol. Persentase ketuntasan klasikal kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 91,66% ˃ 62,85%. Sikap siswa kelas eksperimen dan kontrol pada tiap aspek tergolong baik dan sangat baik pada aspek kedisiplinan, kerjasama, percaya diri dan rasa ingin tahu. Jumlah siswa yang sangat terampil pada kelas eksperimen lebih besar dari kelas kontrol yaitu 58.33% ˃ 34,29%. Tanggapan siswa terhadap penerapan pembelajaran model make a match 52,77% sangat baik dan 47.77% baik. Simpulan penelitian ini adalah model pembelajaran make a match efektif digunakan dalam pembelajaran materi sistem gerak di SMA N 1 Jekulo.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Make A Match, Hasil Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Biology Education
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: indah tri pujiati
Date Deposited: 01 Sep 2021 13:32
Last Modified: 01 Sep 2021 13:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45387

Actions (login required)

View Item View Item