PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) di SMK 17 TEMANGGUNG


Anggun Dewiyana Febyanto, 7101416245 (2020) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) di SMK 17 TEMANGGUNG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS  BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP  MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI  KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA  PERKANTORAN (OTKP) di SMK 17 TEMANGGUNG] PDF (PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA, FASILITAS BELAJAR DAN MANAJEMEN WAKTU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN OTOMATISASI TATA KELOLA PERKANTORAN (OTKP) di SMK 17 TEMANGGUNG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Febyanto, Anggun Dewiyana. 2020. “Pengaruh Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar dan Manajemen Waktu Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) di SMK 17 Temanggung”. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Nina Oktarina, S. Pd., M. Pd. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar, Manajemen Waktu, Motivasi Belajar Setiap siswa sebagai individu tentunya memiliki motivasi belajar yang berbeda. Motivasi belajar merupakan segala keseluruhan daya penggerak atau dorongan yang berasal dari dalam maupun dari luar diri siswa untuk melakukan perubahan dalam diri seseorang atau tingkah laku seseorang untuk menuju kearah perubahan yang lebih baik dari sebelumnya yang menimbulkan kegiatan belajar sehingga menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan tujuan yang dikehendaki dapat tercapai. Oleh karena itu motivasi memiliki peran penting dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, fasilitas belajar dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar siswa OTKP di SMK 17 Temanggung secara simultan maupun parsial. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa OTKP di SMK 17 Temanggung yang berjumlah 196 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified proportionate random sampling. Sehingga hanya 132 siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan keluarga, fasilitas belajar dan manajemen waktu secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar siswa OTKP di SMK 17 Temanggung sebesar 66,1%. Sedangkan secara parsial variabel lingkungan keluarga sebesar 3,5344%, fasilitas belajar sebesar 6,250% dan manajemen waktu sebesar 33,1776%. Teknik analisis data menggunakan persentase analisis deskriptif, analisis regresi berganda, analisis asumsi klasik dan analisis pengujian hipotesis. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan keluarga, fasilitas belajar dan manajemen waktu terhadap motivasi belajar siswa OTKP di SMK 17 Temanggung secara simultan dan parsial. Saran dalam penelitian ini adalah siswa lebih meningkatkan kepercayaan diri untuk bekerja secara mandiri saat menerjakan tugas dan ulangan, siswa dan keluarga membangun relasi antar anggota keluarga yang baik, dan siswa dapat meminimalis gangguan saat belajar selain itu sekolah dapat mendukung dengan meningkatkan kelengkapan fasilitas belajar serta siswa dapat menjaga dan merawat fasilitas yan

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Keluarga, Fasilitas Belajar, Manajemen Waktu, Motivasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 08:06
Last Modified: 01 Sep 2021 08:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45378

Actions (login required)

View Item View Item