IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SWADAYA SEMARANG


Alifiansyah Abdimmuniib Al-Fath Weanind, 7101414194 (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SWADAYA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM  PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SWADAYA SEMARANG] PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DI SMK SWADAYA SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Weanind, Alifiansyah A. A. 2020.“Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Akuntansi Di SMK Swadaya Semarang”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing : Rediana Setiyani, S.Pd., M.Si. Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Akuntansi. Cakupan masalah penelitian ini adalah kurangnya kesadaran peserta didik mengenai pendidikan karakter dan implementasi pendidikan karkater oleh guru pada mata pelajaran akuntansi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengimpelementasian pendidikan karakter dalam pembelajaran akuntansi dan kendala dalam pengimplementasiannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swadaya Semarang. Desain penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah guru program studi akuntansi dan peserta didik jurusan akuntansi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data berupa pedoman wawancara dan kuesioner. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data dilakukan secara deskriptif menggunakan teknik analisis data model Miles and Huberman. Tahap analisis data tersebut mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah mengimplementasikan ke empat karakter yang difokuskan oleh peneliti yaitu nilai karakter jujur, tanggung jawab, disiplin, dan mandiri. Guru dalam mengimplementasikan nilai karakter jujur dengan memberikan pemahaman kepada peserta didik. Nilai karakter mandiri guru memberikan tugas yang beragam agar peserta didik terbiasa mengerjakan secara mandiri. Nilai karakter tanggung jawab guru memberikan ruang kepada peserta didik untuk berpendapat dan mempertanggungjawabkannya. Nilai karakter disiplin guru memberikan penekanan kepada peserta didik dalam pengumpulan tugas dan mematuhi tata tertib sekolah. Simpulan dari penelitian ini yaitu guru akuntansi mengimplemntasikan pendidikan karakter dengan menjadi guru teladan bagi peserta didik, memberikan pemahaman dan nasihat terkait bidang akuntansi di dalam maupun di luar kelas, memberikan pendekatan individu kepada peserta didik terkait masalah pribadi maupun masalah dalam pembelajaran akuntansi, memberikan motivasi belajar, dan memanfaatkan metode pembelajaran yang beragam dengan mengimplementasikan pendidikan karakter. Saran yang diajukan untuk sekolah adalah menekankan kebijakan mengenai progam yang berkaitan dengan pendidikan karakter, guru diharapkan dapat melakukan pendekatan intensif kepada peserta didik, dan pemanfaatan gadget ke arah positif untuk peserta didik

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:59
Last Modified: 01 Sep 2021 07:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45376

Actions (login required)

View Item View Item