PENGARUH BIAYA TARIF, AKSESIBILITAS, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM (Studi Kasus Kendaraan Umum AKDP Kabupaten Pemalang Koridor Pemalang-Randudongkal)


AHMAD NOFAL SYEFULOH, 7101415247 (2020) PENGARUH BIAYA TARIF, AKSESIBILITAS, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM (Studi Kasus Kendaraan Umum AKDP Kabupaten Pemalang Koridor Pemalang-Randudongkal). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BIAYA TARIF, AKSESIBILITAS, DAN  PERSEPSI RISIKO TERHADAP INTENSITAS  PENGGUNAAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM (Studi Kasus Kendaraan Umum AKDP Kabupaten  Pemalang Koridor Pemalang-Randudongkal)] PDF (PENGARUH BIAYA TARIF, AKSESIBILITAS, DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP INTENSITAS PENGGUNAAN ANGKUTAN PENUMPANG UMUM (Studi Kasus Kendaraan Umum AKDP Kabupaten Pemalang Koridor Pemalang-Randudongkal)) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Syefuloh, Ahmad Nofal. 2020. “Pengaruh Biaya Tarif, Aksesibilitas, Dan Persepsi Risiko Terhadap Intensitas Penggunaan Angkutan Penumpang Umum (Studi Kasus Kendaraan Umum AKDP Kabupaten Pemalang Koridor Pemalang-Randudongkal)”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Ekonomi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Inaya Sari Melati, S.Pd., M.Pd. Kata kunci: Biaya tarif, Aksesibilitas, Persepsi Risiko, Intensitas Penggunaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial antara biaya tarif, aksesibilitas, dan persepsi risiko terhadap terhadap intensitas penggunaan angkutan penumpang umum bus AKDP Koridor Pemalang-Randudongkal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat yang pernah atau masih menggunakan jasa transportasi punumpang umum Bus AKDP Koridor Pemalang-Randudongkal. Jumlah populasi dalam hal ini tidak diketahui (infinit). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling, dengan jumlah sebanyak 270 responden dari populasi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi, kuesioner, observasi, dan wawancara. Metode analisis data penelitian ini menggunakan bantuan IBM SPSS 21.0 for windows. Hasil perhitungan diperoleh persamaan regresi Y = 44.875 - 0,239 X1 + 0,690 X2 - 0,334 X3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aksesibilitas berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan biaya tarif dan persepsi risiko bepengaruh secara negatif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan bus AKDP Koridor Pemalang-Randudongkal. Uji simultan menunjukkan semua variabel memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap intensitas penggunaan bus AKDP Koridor Pemalang-Randudongkal. Simpulan dari penelitian ini adalah intensitas penggunaan bus AKDP koridor Pemalang-Randudongkal dapat dicapai dengan meningkatkan aksesibilitas halte, dan menurunkan biaya tarif dan persepsi risiko. Saran dari penelitian ini adalah: (1) perlu diperbanyak jumlah halte yang ada; (2) perlu pembaruan terhadap bus yang saat ini beroperasi; (3) perlu peningkatan kualitas pelayanan bagi pengguna; dan (4) pemberian jaminan keselamatan bagi penguna moda transportasi umum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Biaya tarif, Aksesibilitas, Persepsi Risiko, Intensitas Penggunaan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:53
Last Modified: 01 Sep 2021 07:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45374

Actions (login required)

View Item View Item