Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang Pada Pembelajaran Bahasa Prancis Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match


Agustina Rizky Damayanti, 2301415004 (2020) Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang Pada Pembelajaran Bahasa Prancis Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang Pada  Pembelajaran Bahasa Prancis Dengan Model Pembelajaran  Kooperatif Tipe Make A Match] PDF (Motivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Kesatrian 1 Semarang Pada Pembelajaran Bahasa Prancis Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Motivasi belajar siswa juga bisa didapat dari pembelajaran didalam kelas, siswa akan senang jika suasana belajar menyenangkan dan tidak tegang. Pemilihan model pembelajaran kooperatif dapat menjadikan salah satu alternatif oleh pengajar dapat menjadikan siswa termotivasi dalam belajar karena suasana kelas yang menyenangkan. Salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yaitu tipe make a match yang dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Peneitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Prancis menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada siswa kelas XI di SMA Kesatrian 1 Semarang. Jenis penelitian ini adalah peneitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre experimental design. Responden dalam penelitian ini sejumlah 16 orang. Metode pengambilan data yang digunakan dalampenelitian ini adalah kuisioner atau angket. Validitas yang digunakan adalah validitas konstruk dan untuk menguji reliabelitas kuisioner dalam penelitian ini digunakan teknik one- shot case yaitu dengan langsung memberikan perlakuan dan mengisi kuisioner setelah diberi perlakuan agar tingkat kepercayaan instrrumen benar�benar dibuktikan ketetapannya sebagai sebuah instrumen. Hasil tersebut dikorelasikan menggunakan rumus Alpha. Setelah mengetahui instrrumen reliabel, dilakukan pengambilan data pada kelas XI Bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi beajar siswa dalam pembelajaran bahasa Prancis siswa kelas XI secara keseluruhan yaitu 1439 termasuk dalam kategori tinggi dan motivasi beajar siswa dalam pembelajaran bahasa Prancis untuk keterampilan membaca menggunakan metode make a match siswa kelas XI secara individu yang termasuk dalam kategori tinggi 81,25%, kategori cukup 18,75% dan kategori rendah 0%

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: French reading skills, Learning motivation, Make a match method
Subjects: L Education > L Education (General) > Motivating Learners
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Prancis (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:21
Last Modified: 01 Sep 2021 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45367

Actions (login required)

View Item View Item