MODAL SOSIAL MASYARAKAT SEKITAR MAKAM SUNAN HASAN MUNADI DESA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Eldyanzah Rinanda Dewi, 3601416044 (2020) MODAL SOSIAL MASYARAKAT SEKITAR MAKAM SUNAN HASAN MUNADI DESA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODAL SOSIAL MASYARAKAT  SEKITAR MAKAM SUNAN HASAN MUNADI DESA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG] PDF (MODAL SOSIAL MASYARAKAT SEKITAR MAKAM SUNAN HASAN MUNADI DESA NYATNYONO KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Makam Sunan Hasan Munadi adalah salah satu bukti situs sejarah penyebaran agama Islam di Kabupaten Semarang khususnya di Desa Nyatnyono. Desa Nyatnyono, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang memiliki potensi wisata religi yang tinggi hingga dapat menunjang perekonomian masyarakatnya. Peran modal sosial sangat dibutuhkan untuk mempertahankan keberadaan wisata religi di Desa Nyatnyono khususnya wisata religi makam Sunan Hasan Munadi, modal sosial juga berperan dalam menunjang ekonomi masyarakat. Unsur-unsur yang ada dalam modal sosial adalah partisipasi dalam jaringan, timbal balik, kepercayaan, nilai-nilai, norma, dan tindakan proaktif. Unsur-unsur tersebut menjadi strategi masyarakat sekitar makam Sunan Hasan Munadi dalam mempertahankan keberadaan wisata religi. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk memahami sejarah keberadaan makam Sunan Hasan Munadi di Desa Nyatnyono Ungaran Barat Kabupaten Semarang. 2) Memahami modal sosial yang berkembang pada masyarakat sekitar makam Sunan Hasan Munadi Desa Nyatnyono Ungaran Barat Kabupaten Semarang 3) Memahami tipologi modal sosial yang berkembang pada masyarakat sekitar makam Sunan Hasan Munadi Desa Nyatnyono Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian ini di Desa Nyatnyono Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Teknik pengumpulan data dalam bentuk observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan triangulasi data. Penentuan informan menggunakan snowball teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) sejarah keberadaan makam Sunan Hasan Munadi adalah makam seorang wali yang dijaga secara turun temurun oleh masyarakat, yang hingga saat ini berkembang menjadi wisata religi 2) modal sosial yang berkembang pada masyarakat sekitar makam Sunan Hasan Munadi adalah partisipasi dalam jaringan, timbal balik, kepercayaan, nilai-nilai, norma, dan tindakan proaktif 3) modal sosial yang berkembang pada masyarakat sekitar makam Sunan Hasan Munadi termasuk dalam kategori modal sosial menjembatani dimana masyarakat masih memiliki tingkat solidaritas yang tinggi, ikatan kekeluargaan yang erat, dan saling menghargai satu sama lain. Saran dalam penelitian ini adalah 1) masyarakat setempat agar tetap mempertahankan modal sosial yang berkembang sehingga dapat terus memperthankan eksistensi wisata religi yang ada di desa Nyatnyono 2) perlu adanya campur tangan berbagai pihak dalam pemberdayaan masyarakat khususnya untuk menunjang perekonomian desa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Makam, Masyarakat, Modal Sosial.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:21
Last Modified: 01 Sep 2021 07:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45366

Actions (login required)

View Item View Item