PERANCANGAN DAN UJI PERFORMANSI SISTEM KONTROL RASPBERRY PI PADA MESIN PENGEMAS PRODUK BUBUK KAPASITAS 240 PCS/JAM


Karsan, 5201416067 (2020) PERANCANGAN DAN UJI PERFORMANSI SISTEM KONTROL RASPBERRY PI PADA MESIN PENGEMAS PRODUK BUBUK KAPASITAS 240 PCS/JAM. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANCANGAN DAN UJI PERFORMANSI SISTEM KONTROL RASPBERRY PI PADA MESIN PENGEMAS PRODUK BUBUK KAPASITAS 240 PCS/JAM] PDF (PERANCANGAN DAN UJI PERFORMANSI SISTEM KONTROL RASPBERRY PI PADA MESIN PENGEMAS PRODUK BUBUK KAPASITAS 240 PCS/JAM) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi di era industri 4.0 ditandai dengan digunakannya mesin-mesin berteknologi otomatis. Namun dalam industri skala kecil dan menengah masih menggunakan mesin konvensional. Mesin pengemas berbiaya rendah perlu dikembangkan salah satunya dengan memanfaatkan sistem kontrol Raspberry Pi. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang, menghasilkan, dan melakukan uji performa mesin pengemas produk bubuk dengan sistem kontrol Raspberry Pi. Penelitian ini menggunakan model penelitian eksperimen dengan teknik observasi berupa uji coba performa. Penelitian ini menghasilkan rancangan sistem kontrol Raspberry Pi pada mesin pengemas produk bubuk kapasitas 240 pcs/jam. Sistem kontrol Raspberry Pi digunakan untuk mengatur kerja dari sistem pengemasan dan pengepresan kemasan pada mesin pengemas. Berdasarkan hasil penelitian dan uji performa sistem kontrol yang telah dilakukan, diperoleh data bahwa pengemasan berjalan baik dan konsisten. Dari putaran dan jeda berhenti motor stepper yang telah diatur, menghasilkan berat rata-rata produk dengan kemasannya seberat 137,37 gram. Untuk proses pengepresan, sensor suhu melakukan pembacaan suhu dengan tepat, sehingga heater dapat mencapai temperatur pengepresan kemasan yang diinginkan yaitu 1500C. Berdasarkan uji coba dan perhitungan yang telah dilakukan, diperoleh 2.640 kemasan dalam waktu 1 jam. Pengembangan lebih lanjut diperlukan untuk membuat pengoperasian mesin pengemas dapat dilakukan jarak jauh melalui smartphone.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pengemas, produk bubuk, Raspberry Pi, sistem kontrol
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 07:09
Last Modified: 01 Sep 2021 07:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45361

Actions (login required)

View Item View Item