PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCES, TINGKAT HUTANG, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERSISTENSI LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 )


Murohmah Septiyana, 7211416075 (2020) PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCES, TINGKAT HUTANG, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERSISTENSI LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCES, TINGKAT  HUTANG, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN  UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERSISTENSI  LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE  SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 )] PDF (PENGARUH BOOK TAX DIFFERENCES, TINGKAT HUTANG, KEPEMILIKAN MANAJERIAL, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP PERSISTENSI LABA DENGAN CORPORATE GOVERNANCE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018 )) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Septiyana, Murohmah. 2020. “Pengaruh Book Tax Differences, Tingkat Hutang, Kepemilikan Manajerial, dan Ukuran Perusahaan terhadap Persistensi Laba dengan Corporate Governance sebagai Variabel Moderating”. Skripsi. Jurusan Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: Dr. Muhammad Khafid, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Book Tax Differences, Tingkat Hutang, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Corporate Governance. Salah satu tujuan dari operasinya perusahaan adalah untuk memperoleh laba. Laba yang berkualitas merupakan laba yang dapat memberikan informasi mengenai kelanjutan atas laba itu sendiri di masa yang akan datang. Laba yang dapat mencerminkan laba di masa yang akan datang merupakan laba yang persisten. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh book tax differences, tingkat hutang, kepemilikan manajerial, dan ukuran perusahaan terhadap persistensi laba dengan dimoderasi oleh corporate governance perception index (CGPI). Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan di Bursa Efek Indonesia (BEI) selama tahun 2014-2018. Total sampel yang diperoleh adalah 18 perusahaan yang dapat diteliti. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling atau sampling dengan kriteria tertentu. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan Teknik analisis kuantitatif yang terdiri dari analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan menggunakan regresi berganda. Alat bantu yang digunakan dalam menghitung hasil analisis adalah program statistical package for the social sciences (SPSS) 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa tingkat hutang berpengaruh positif terhadap persistensi laba, kepemilikan manajerial berpengaruh negatif terhadap persistensi laba, sedangkan book tax differences dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap persistensi laba. Hasil analisis setelah dilakukan pengujian dengan variabel moderating, CGPI mampu memoderasi pengaruh tingkat hutang, kepemilikan manajerial dan ukuran perusahaan terhadap persistensi laba, namun tidak mampu memoderasi pengaruh book tax differences terhadap persistensi laba. Saran yang dapat diterapkan oleh manajer perusahaan adalah dengan meminimalisasi book tax differences yang mengindikasikan terjadinya manajemen laba seperti tax planning yang menyimpang, meningkatkan tingkat hutang karena dapat meningkatkan kinerja perusahaan dalam memperoleh laba. Selain itu presentase kepemilikan manajerial juga harus diperhatikan karena kepemilikan saham yang dimiliki pihak manajemen juga mempengaruhi pengelolaan perusahaan dalam mencapai laba yang diinginkan. Peneliti selanjutnya diharapkan menggunakan variabel moderating lain yang dapat mempengaruhi persistensi laba serta memperpanjang periode penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Book Tax Differences, Tingkat Hutang, Kepemilikan Manajerial, Ukuran Perusahaan, Corporate Governance.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: sri yuniati perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 06:39
Last Modified: 01 Sep 2021 06:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45349

Actions (login required)

View Item View Item