KERUSUHAN MEI 1998 DI PASAR MINGGU: SALAH SATU KECAMATAN DI JAKARTA SELATAN


Imam Setiono Kusdiharso, 3111415001 (2020) KERUSUHAN MEI 1998 DI PASAR MINGGU: SALAH SATU KECAMATAN DI JAKARTA SELATAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KERUSUHAN MEI 1998 DI PASAR MINGGU:  SALAH SATU KECAMATAN DI JAKARTA SELATAN] PDF (KERUSUHAN MEI 1998 DI PASAR MINGGU: SALAH SATU KECAMATAN DI JAKARTA SELATAN) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pasar Minggu merupakan salah satu kecamatan yang terdapat di Jakarta Selatan. Wilayah ini memiliki kekayaan sejarah yang sebagian masyarakat tidak mengetahuinya, seperti kerusuhan Mei 1998 di Pasar Minggu. Pada tahun 1998 memiliki struktur sosial yang beraneka ragam dan membuat wilayah ini menjadi cukup padat penduduk. Namun, keadaan tersebut berubah ketika terjadi kerusuhan Mei 1998 di wilayah ini. Mulai dari sepinya aktivitas jual beli barang dan takutnya masyarakat sekitar untuk keluar rumah hanya sekadar ingin berbelanja kebutuhan hidup. Satu tahun setelah kerusuhan Mei 1998, terjadi perubahan pola kehidupan masyarakat dan pedagang di Pasar Minggu seperti menambah jumlah garasi pada toko atau kios, banyaknya aktivitas kriminal dan bertambahnya anak jalanan. Dalam skripsi ini menggunakan sumber-sumber seperti surat kabar lama dan arsip. Surat kabar lama dan arsip yang digunakan dalam penulisan skripsi ini adalah koran Kompas dan koran Merdeka. Arsip yang digunakan adalah laporan statistik Kecamatan Pasar Minggu yang penulis peroleh dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia di Salemba dan kantor utama Badan Pusat Statistik. Penulis menggunakan dua surat kabar lama tersebut karena topik tentang Pasar Minggu pada saat sebelum sampai setelah kerusuhan Mei 1998 hanya ada di dua surat kabar lama tersebut. Bahkan pada bulan Mei 1998 koran Kompas tidak terbit pada bulan tersebut melainkan terdapat di koran Merdeka. Arsip yang penulis gunakan adalah himpunan data dari berbagai sumber yang mencakup seluruh aspek pemerintahan di Kecamatan Pasar Minggu dari tahun 1996-2000. Hasil penelitian ini adalah memahami dinamika yang terjadi di Pasar Minggu pada sebelum dan sesudah terjadinya kerusuhan Mei 1998 serta untuk mendeskripsikan dampak dari kerusuhan tersebut bagi Pasar Minggu. Penulis menghasilkan tulisan ini juga untuk menjadi bahan bacaan bagi masyarakat luas dan para akademisi sejarawan muda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pasar Minggu, Perubahan Sosial, Kerusuhan.
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CB History of civilization
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: dina nurcahyani perpus
Date Deposited: 01 Sep 2021 06:25
Last Modified: 01 Sep 2021 06:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45346

Actions (login required)

View Item View Item