ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI UNGKAPAN TERIMAKASIH OLEH PENUTUR ASLI BAHASA JEPANG


Dyah Retno Arianti, 2302414022 (2019) ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI UNGKAPAN TERIMAKASIH OLEH PENUTUR ASLI BAHASA JEPANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI UNGKAPAN TERIMAKASIH  OLEH PENUTUR ASLI BAHASA JEPANG] PDF (ANALISIS PENGGUNAAN STRATEGI UNGKAPAN TERIMAKASIH OLEH PENUTUR ASLI BAHASA JEPANG) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Ungkapan terimakasih merupakan salah satu ungkapan yang sering muncul dalam percakapan sehari-hari, terlebih dalam masyarakat Jepang. Dalam masyarakat Jepang, ungkapan terimakasih memainkan peranan yang sangat penting untuk membangun solidaritas antar individu dan memelihara keharmonisan sosial Oleh karena itu, tidak perlu disangsikan lagi bahwa orang Jepang sangat menjunjung hubungan antar sesama manusia (ningen kankei) Sakuma (1983). Umumnya orang mengetahui ungkapan terimakasih seperti pada penggunaan “Thankyou”, “I appreciate it”, dan sebagainya dalam bahasa Inggris. Akan tetapi, Ketika penutur asli bahasa Jepang menyampaikan rasa terimakasih (kansha hyougen), penutur asli bahasa Jepang tidak hanya menggunakan ungkapan�ungkapan terimakasih saja namun juga menggunakan ungkapan lain dalam beberapa situasi, salah satunya adalah kata permohonan maaf (wabi kotoba). Karena perbedaan pandangan dan budaya, hal itu yang sering membuat orang asing(gaikokujin) maupun pembelajar bahas Jepang salah menafsirkan penggunaan strategi penutur bahasa Jepang untuk berterimakasih. oleh karena itu, pada penelitian ini, peneliti ingin meneliti mengenai penggunaan strategi ungkapan terimakasih oleh penutur asli bahasa jepang. Pengambilan data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner yang dibagikan kepada responden penutur asli Jepang. Data yang diperoleh akan diklasifikasikan berdasarkan straegi berterimakasih, kemudian di klasifikasikan penggunaan strategi yang digunakan oleh penutur asli bahasa Jepang untuk mengungkapkan rasa terimakasihnya. Berdasarkan hasil analisis, disimpulkan bahwa penggunaan strategi berterimakasih yang digunakan penutur asli bahasa Jepang dalam mengungkapkan rasa terimakasihnya didominasi oleh strategi shinteki taidou no hyoumei (ekspresi tindak psikologis) dimana penggunaannya disemua contoh situasi melebihi 50%. Dalam mengungkapkan rasa terimakasihnya, dapat diketahui pula penutur asli bahasa Jepang menggunakan satu strategi-tiga strategi berterimakasih, terlebih penggunaan dua strategi berterimakasih sangat banyak digunakan oleh penutur asli bahasa Jepang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kansha hyougen, strategi berterimakasih, penutur asli bahasa Jepang.
Subjects: L Education > Special Education > Language and literature education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:55
Last Modified: 01 Sep 2021 05:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45339

Actions (login required)

View Item View Item