MANAJEMEN OBYEK WISATA SENTRAL PARK KEBUN BALONG SEBAGAI WAHANA REKREASI DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020


Agus Setyo Nugroho, 6101413113 (2020) MANAJEMEN OBYEK WISATA SENTRAL PARK KEBUN BALONG SEBAGAI WAHANA REKREASI DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN OBYEK WISATA SENTRAL PARK KEBUN BALONG SEBAGAI WAHANA REKREASI DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020] PDF (MANAJEMEN OBYEK WISATA SENTRAL PARK KEBUN BALONG SEBAGAI WAHANA REKREASI DI KABUPATEN JEPARA TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Peran manajemen dalam bidang pengelolaan wahana rekreasi sangat penting, jika tidak terencana dengan baik pengeloaan wahana tidak berjalan maksimal. Dengan adanya manajemen yang baik maka perencanaan dan konsep-konsep yang ada akan tercapai. Fokus penelitian penelitian ini adalah manajemen obyek wisata Sentral Park kebun balong sebagai wahana rekreasi di Kabupaten Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengkaji manajemen pengelolaan obyek wisata Sentral Park Kebun Balong Sebagai Wahana Rekreasi di Kabupaten Jepara tahun 2020. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan deskripsi kualitatif. Lokasi penelitian di obyek wisata sentral park kebun balong. Sasaran penelitian ini adalah manajemen obyek wisata Sentral Park kebun balong Sebagai wahana rekreasi masyarakat, dengan objek penelitian adalah pengelola, karyawan dan pengunjung. Instrumen penelitian ini menggunakan Human Instrument. Data di peroleh dengan menggunakan metode : observasi, wawancara, penelusuran dokumen dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Teknik untuk memeriksa keabsahan data ini dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dilakukan dengan menetapkan tujuan, visi, misi, jenis-jenis wahana wisata dan pemasaran/marketting. Pengorgansasian dilakukan dengan membentuk struktur organisasi dan pembagian tugas. Penggerakan dalam pengelolaan wahana sentral park meliputi sumber daya alam, sumber keuangan dan sumber daya manusia (SDM). Pengawasan dilakukan kepada karyawan dan kegiatan pengunjung, wahana wisata permainan dan fasilitas lainnya. Simpulannya bahwa manajemen wahana Sentral Park kebun balong sebagai wahana rekreasi masyarakat sudah berjalan sesuai dengan fungsi manajemen yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan. Pengelolaan wahana sentral park kebun balong terdapat beberapa kekurangan dan hambatan, seperti sarana prasaran dan pemasaran. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah 1) Bagi Pengelola, Pengelola sebaiknya Mengadakan promosi dan publikasi wisata secara intensif, terpadu dan berkelanjutan baik melalui media cetak maupun elektronik dalam rangka pemberian informasi kepada masyarakat luas mengenai potensi wisata Wahana Sentral Park Kebun Balong. 2) Bagi karyawan sentral park Kebun balong perlu meningkatkan perawatan fasilitas seperti perbaikan wahana permainan atau fasislitas lainnya agar pengunjung bisa nyaman dan aman saat mengungunakan wahana di sentral park. 3) Bagi pengunjung,hendaknya pengunjung lebih menaati peraturan yang dibuat oleh pengelola sentral park kebun balong, seperti membuang sampah pada tempatnya dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Objek wisata dan Pendidikan Rekreasi
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:54
Last Modified: 01 Sep 2021 05:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45338

Actions (login required)

View Item View Item