SURVEI MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM AKTIVITAS OLAHRAGA DI RUANG TERBUKA PUBLIK DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020


HESTI SULISTIYO NINGRUM, 6101413075 (2020) SURVEI MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM AKTIVITAS OLAHRAGA DI RUANG TERBUKA PUBLIK DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM AKTIVITAS OLAHRAGA DI RUANG TERBUKA PUBLIK DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020] PDF (SURVEI MINAT DAN MOTIVASI MASYARAKAT DALAM AKTIVITAS OLAHRAGA DI RUANG TERBUKA PUBLIK DI KABUPATEN DEMAK TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Aktivitas olahraga dapat dilakukan dimana saja salah satunya pada ruang terbuka hijau. Pemerintah Kabupaten Demak telah menyadiakan banyak ruang terbuka untuk masyarakat setempat, kebijakan tersebut guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Dalam penelitian ini fokus yang dirumuskan adalah gambaran umum tentang minat dan motivasi masyarakat Kabupaten Demak dalam melakukan aktivitas olahraga di ruang terbuka publik. Penelitian menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitian ini adalah tiga tempat ruang terbuka publik di Kabupaten Demak, Kecamatan Demak, Kecamatan Karangtengah, dan Kecamatan Wonosalam, dengan subyek penelitian yang diamati adalah masyarakat setempat yaitu Pelajar, Mahasiswa, dan pekerja yang berjumlah 150 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey dengan instrumen kuesioner yang telah dinaytakan valid dengan koefisien validitas 0,922. Analisis data menggunakan deskripsi dengan persentase yang terbagi dalam 4 kategori, yaitu kategori sangat rendah, rendah, tinggi dan sangat tinggi berdasarkan nilai Mean Ideal dan standar deviasi ideal. Hasil penelitian menunjukan bahwa minat dan motivasi masyarakat Kabupaten Demak dalam melakukan aktivitas olahraga di ruang terbuka publik adalah sebagai berikut: sebanyak 94 responden (62,67%) menyatakan minat dan motivasinya tinggi, sebanyak 30 responden (20%) menyatakan minat dan motivasinya rendah, sebanyak 26 responden (17,33%) menyatakan minat dan motivasinya sangat tinggi, serta tidak ada responden (0%) yang menyatakan minat dan motivasinya sangat rendah. Frekuensi terbanyak sebesar 62,67%, yaitu pada kategori tinggi. Dengan demikian minat dan motivasi masyarakat Kabupaten Demak dalam melakukan aktivitas olahraga di ruang terbuka publik adalah tinggi. Saran dari penelitian ini, agar masyarakat memanfaatkan dan menggunakan ruang terbuka publik secara optimal, pemerintah juga diharapkan agar menyediakan sarana dan prasarrana ruang tebuka publik guna menunjanag aktivitas masyarakat di ruang tebuka publik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat dan Motivasi, ruang terbuka Publik, Kabupaten Demak
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:48
Last Modified: 01 Sep 2021 05:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45337

Actions (login required)

View Item View Item