PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) TERHADAP MINAT MENJADI GURU TERSERTIFIKASI PADA PROGRAM STUDI PGPAUD, FIP, UNNES


Riska Defia Putri, 1601415025 (2020) PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) TERHADAP MINAT MENJADI GURU TERSERTIFIKASI PADA PROGRAM STUDI PGPAUD, FIP, UNNES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) TERHADAP MINAT MENJADI GURU TERSERTIFIKASI PADA PROGRAM STUDI PGPAUD, FIP, UNNES] PDF (PENGARUH PERSEPSI MAHASISWA TENTANG PENDIDIKAN PROFESI GURU (PPG) TERHADAP MINAT MENJADI GURU TERSERTIFIKASI PADA PROGRAM STUDI PGPAUD, FIP, UNNES) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi mahasiswa tentang PPG terhadap minat menjadi guru tersertifikasi pada program studi PGPAUD FIP UNNES. Persepsi mahasiswa tentang PPG dan minat menjadi guru tersertifikasi merupakan hal yang saling berhubungan. Salah satu syarat seseorang ingin menjadi guru profesional dan memiliki sertifikasi adalah harus menempuh PPG. Program tersebut ditujukan kepada lulusan S1/D4 kependidikan dan non kependidikan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa aktif PGPAUD UNNES 2017. Jumlah sampel diambil menggunakan teknik proposional random sampling sebanyak 78 mahasiswa dari 3 rombel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Semua perhitungan menggunakan SPSS 24. Berdasarkan perhitungan statistik menggunakan Regresion Linier diperoleh nilai signifikansi (Sig.) sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 atau 0,00 < 0,05, maka Ha diterima. Hasil penelitian menggunakan analisis regresi linier sederhana menunjukkan terdapat pengaruh sebesar 59,4% dan sisanya 40,6% dipengaruhi faktor lain yang tidak tercakup dalam penelitian. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa tentang PPG memiliki pengaruh terhadap minat menjadi guru tersertifikasi. Saran penelitian ini adalah lulusan mahasiswa kependidikan harus lebih bersemangat dan meningkatkan kepercayaan dirinya untuk mampu bersaing dengan mahasiswa non kependidikan agar menjadi guru yang memiliki sertifikasi, berkompeten, dan profesional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Mahasiswa, Pendidikan Profesi Guru (PPG), Minat menjadi Guru Tersertifikasi.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:18
Last Modified: 01 Sep 2021 05:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45331

Actions (login required)

View Item View Item