ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN (EDISI REVISI 2017) DENGAN KURIKULUM 2013


Rini Indah Sabila, 1401416191 (2020) ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN (EDISI REVISI 2017) DENGAN KURIKULUM 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN (EDISI REVISI 2017) DENGAN KURIKULUM 2013] PDF (ANALISIS KESESUAIAN BUKU GURU DAN BUKU SISWA KELAS V SD/MI TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN (EDISI REVISI 2017) DENGAN KURIKULUM 2013) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemerintah menerbitkan Buku Guru dan Buku Siswa sebagai pedoman dalam pembelajaran Kurikulum 2013. Buku Guru dan Buku Siswa harus sesuai dengan Kurikulum 2013. Ketidaksesuaian buku pedoman merupakan bentuk kekurangan Kurikulum 2013. Kekurangan tersebut dapat diketahui melalui kegiatan analisis. Berdasarkan hasil wawancara diketahui bahwa, guru belum melakukan kegiatan analisis Buku Guru dan Buku Siswa secara menyeluruh dan diperoleh informasi bahwa guru pernah menemukan rumusan tujuan pembelajaran yang tidak lengkap. Rumusan masalah penelitian ini yaitu “Apakah terdapat kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa dengan Kurikulum 2013?”. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis dan mendeskripsi kesesuaian KI, KD, tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, penilaian, kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa kelas V sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah tema Peristiwa dalam Kehidupan edisi revisi tahun 2017 dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis isi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi penyidik, triangulasi sumber, uraian rinci, dan auditing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa KI dan KD dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan pada pemetaan KD. Tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan penilaian dalam Buku Guru dan Buku Siswa secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun perlu beberapa perbaikan. Kesesuaian materi, kecakupan materi, dan keakuratan materi dalam Buku Guru dan Buku Siswa sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun memerlukan perbaikan pada aspek kesesuaian dan kecakupan materi. Saran yang penulis berikan yaitu guru sebaiknya melakukan kegiatan analisis pada buku yang akan digunakan dalam pembelajaran, guru dalam melaksanakan pembelajaran tidak hanya berpedoman pada kegiatan pembelajaran dalam Buku Guru, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia harus lebih cermat, baik saat membuat maupun melakukan perbaikan buku panduan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Analisis; Buku Guru; Buku Siswa; dan Kurikulum 2013.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 01 Sep 2021 05:11
Last Modified: 01 Sep 2021 05:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45329

Actions (login required)

View Item View Item