PENGARUH VARIASI WAKTU CELUP DAN VOLTAGE PADA ELECTROPLATING TERHADAP LAJU KOROSI DAN KEKERASAN BAJA ST 41


Mohammad Reza Nugraha, 5201416040 (2020) PENGARUH VARIASI WAKTU CELUP DAN VOLTAGE PADA ELECTROPLATING TERHADAP LAJU KOROSI DAN KEKERASAN BAJA ST 41. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH VARIASI WAKTU CELUP DAN VOLTAGE PADA ELECTROPLATING TERHADAP LAJU KOROSI DAN KEKERASAN BAJA ST 41] PDF (PENGARUH VARIASI WAKTU CELUP DAN VOLTAGE PADA ELECTROPLATING TERHADAP LAJU KOROSI DAN KEKERASAN BAJA ST 41) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Baja ST 41 merupakan salah satu dari baja karbon rendah yang memiliki sifat mekanik yang baik seperti kekerasan, keuletan dan ketangguhan yang baik. Namun jenis logam ini masih memiliki kekurangan dalam hal ketahanan korosi. Salah satu pencegahan dan perlindungan terhadap korosi adalah dengan cara pelapisan logam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi waktu celup dan voltage terhadap laju korosi dan kekerasan baja ST 41 yang merupakan salah satu baja karbon rendah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu dengan mengetahui sebab akibat berdasarkan perlakuan yang diberikan pada saat proses penelitian. Spesimen yang digunakan pada penelitian berukuran 50 mm x 50 mm x 5 mm. Parameter yang digunakan dalam penelitian adalah waktu celup dengan variasi 10 menit, 20 menit, 30 menit dan voltage 2 Volt, 4 Volt, 6 Volt. Jarak antar katoda dan anoda yang digunakan adalah 10 cm. Standard pengujian yang digunakan dalam proses pengujian laju korosi menggunakan ASTM G 31-72. Sedangkan pada pengujian kekerasan menggunakan ASTM B578-87. Hasil uji laju korosi terendah terdapat pada spesimen (6 Volt, 30 menit) sebesar 0,027 mmpy dan nilai laju korosi tertinggi terdapat pada spesimen (2 Volt, 10 menit) sebesar 0,051 mmpy. Hasil uji kekerasan tertinggi terdapat pada spesimen (6 Volt, 30 menit) sebesar 530,43 VHN dan kekerasan terendah terdapat pada spesimen (2 Volt, 10 menit) sebesar 248,7 VHN. Waktu pencelupan dan voltage pada proses electroplating berpengaruh terhadap laju korosi baja ST 41. Semakin lama waktu pencelupan dan meningkatnya voltage pada proses electroplating maka nilai laju korosi yang dihasilkan semakin menurun dan nilai kekerasan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: waktu celup, voltage, electroplating, laju korosi, kekerasan.
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:14
Last Modified: 01 Sep 2021 03:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45311

Actions (login required)

View Item View Item