SURVEI POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMA NEGERI DI PEMALANG TAHUN 2020


M. Ikbal Saesar, 6101413037 (2020) SURVEI POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMA NEGERI DI PEMALANG TAHUN 2020. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of SURVEI POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMA NEGERI DI PEMALANG TAHUN 2020] PDF (SURVEI POLA PEMBINAAN EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA SMA NEGERI DI PEMALANG TAHUN 2020) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembinaan ekstrakurikuler di SMA Negeri 3 dapat dijadikan wadah untuk menanmpung minat bakat siswa-siswi dengan bidang ekstrakurikuler yang diminatinya. Berdasarkan fokus masalah penelitian, pertanyaan dalam penelelitiannya sebagai berikut: - Babagaimana pembinaan ekstrakurikuler olahraga di SMA N 3 Pemalang. - Bagaimana fasilitas penunjang kegiatan ekstrakuriuler olahraga di SMA N 3. – Kegiatan ekstrakurikuler apa saja yang dilaksakan di SMA N 3. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1). Mendeskripsikan dan mengkaji pembinaan ekstrakurikuler olahraga. 2). Mendeskripsikan dan mengkaji fasilitas pelaksanaan kegiatas ekstrakurikuler olahraga. 3). Mendeskripsikan dan mengkaji kegiatan ekstrakurikuler olahraga dilaksanakan di SMA N 3 Pemalang. Pendekatan penelitian adalah penelitian deskriftif kualitatif. Lokasi penelitian dijalan Mochtar No.2. Kebondalem Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Sasaran penelitian, Subyek: Guru, Pelatih, dan Siswa. Obyek: Ekstrakurikuler olahraga di SMA N 3 ada pencaksilat, sepakbola, bolabasket, dan renang. Pemeriksaan kebsahan data yang memanfaatkan sesuatu diluar data itu untuk keperluan pengecekan sebagai pembanding (Moleong, 2006:330). Analisis data dalam metode penelitian kualitatif dilakukan secara terus- menerus dari awal sampai akhir. Hasil penelitian deskripsi pembinaan terkait dengan pembinaan fasilitas dan cabang. 1). Pembinaan hasil wawancara dengan orang-orang yang berhubungan langsung dengan kepengurusan ekstrakurikuler olahraga. 2). Fasilitas yang dibutuhkan untuk ekstrakurikuler olahtraga sebenarnya bisa dipenuhi, namun karena keterbatasan lahan jadi tidak bisa dimaksimalkan. 3). Kegiatan ekstrakurikuler olahraga di SMA N 3 selallu dikumpulkan oleh pihak sekolah setiap ajaran baru. Berdasarkan simpulan hasil penelitian di SMA N 3 Pemalang Tahun 2020 sebagai berikut: - Minat yang dimiliki siswa cukup baik. Saran, hasil penelitian pembahasan maka dapat diajukan saran pemerintah daerah kabupaten pemalang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PembinaanEkstrakurikuler Olahraga SMA Negeri di Pemalang
Subjects: O Sport > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi ( S1 )
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: dwi setyo hastaningsih
Date Deposited: 01 Sep 2021 03:34
Last Modified: 01 Sep 2021 03:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45307

Actions (login required)

View Item View Item