PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI GAMBAR POTONGAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK


Sigit Arif Hidayat, 5201416036 (2021) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI GAMBAR POTONGAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI GAMBAR POTONGAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK] PDF (PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI GAMBAR POTONGAN MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK) - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kompetensi gambar potongan memiliki peranan yang perlu dikuasai oleh siswa karena dapt menjelaskan bagian – bagian gambar yang tidak terlihat. Penggunaan media pembelajaran merupakan salah satu alternatif cara untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan media audio visual untuk memberikan visualisasi nyata yang disertai suara dari materi gambar potongan karena menyesuaikan kondisi pandemi Covid-19 sehingga proses pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian adalah untuk menguji kelayakan, keefektifan, dan peningkatan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 5 Semarang tahun ajaran 2020/2021 dengan sampel yang terdiri 30 siswa kelas XI TP 1 (Kelas Eksperimen) dan 30 siswa kelas XI TP 2 (Kelas Kontrol). Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis uji prasyarat, dan uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual berdasarkan penilaian ahli dikategorikan sangat layak untuk digunakan dan penggunaannya dalam pembelajaran lebih efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi gambar potongan dibandingkan dengan pembelajaran yang biasa digunakan. Media yang digunakan juga praktis untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media audio visual, gambar potongan, hasil belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Education technology
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Sep 2021 02:56
Last Modified: 01 Sep 2021 02:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/45305

Actions (login required)

View Item View Item